Jangan Main-Main dengan Anggaran Pengawasan Pilkada – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Pilkada

Jangan Main-Main dengan Anggaran Pengawasan Pilkada

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) meminta kepala daerah tidak main-main terhadap pencairan anggaran pengawasan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada). Pasalnya, jika hal tersebut dibiarkan, maka pilkada yang diharapkan mampu membawa perubahan ke arah yang lebih baik justru tidak dapat terwujud.

“Bagi daerah yang mengalami posisi sulit akibat perilaku oknum tertentu kepala daerah yang tidak proaktif terhadap penyelenggaraan pilkada yang bermartabat, tidak ingin melihat pengawas pemilu berdedikasi baik buat bangsa ini, kami minta untuk kembali ke jalan yang benar,” ujar anggota Bawaslu Nasrullah, Selasa (15/9).

Nasrullah mengingatkan, tanpa adanya anggaran yang baik, maka proses pengawasan tidak mungkin dilakukan secara maksimal. Penyelenggaraan pilkada sepenuhnya untuk rakyat. Bukan untuk kepala daerah maupun penyelenggara pemilu.

“Sekali lagi, pilkada itu untuk rakyat. Bukan untuk si kepala daerah itu saja, pemerintah daerah, pun penyelenggara pemil,” katanya.

Nasrullah berharap adanya kesadaran masing-masing pihak. Sebab seketat apapun aturan dibuat, tanpa adanya kesadaran dari semua pihak, tetap saja ada celah-celah tertentu yang mencederai pelaksanaan pilkada. “Jadi memang penting menciptakan pemerintahan yang betul-betul, misalnya di daerah ini menunaikan kewajiban-kewajiban mereka dengan baik,” ujar Nasrullah. (gir/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top