Kesehatan Hewan Kurban di Maros Tidak Terjamin – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Kesehatan Hewan Kurban di Maros Tidak Terjamin

FAJAR.CO.ID, MAROS—Menjelang hari raya Idul Adha, Komisi III DPRD Maros mengunjungi Rumah Potong Hewan (RPH) milik H. Pacong di Kecamatan Bantimurung, Rabu (16/9).

Pada saat kunjungan, H Pacong menyampaikan keluhannya kepada ketua Komisi III, Akbar Endra, jika pemotongan hewan ternak di Maros ini banyak yang liar. “Seharusnya sebelum dilakukan pemontongan untuk hewan terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan kesehatan hewan,” ujar Akbar Endra.

Dalam kunjungan tersebut, Komisi III juga didampingi oleh tenaga kesehatan hewan Kabupaten Maros, Drh. Ujiastani. Dari data persediaan ternak sapi kurban, menurut Drh. Ujiastani tahun ini baru sekitar 300 an yang telah diperiksa melalui RPH milik H Pacong.

Selain itu, Akbar Endra juga menjelaskan bahwa di Maros hanya terdapat dua RPH.  Satu milik pemerintah daerah di Labuang. Namun RPH tersebut tidak bisa digunakan karena kurangnya fasilitas untuk pemotongan dan perawatan hewan ternak. Jadi hanya satu RPH yang berfungsi, yakni hanya di Bantimurung saja dan inipun bukan milik Pemda.

Akbar juga menyoroti jika di Maros ini sangat kekurangan tenaga dokter hewan. Menurut Akbar Endra, seharusnya tenaga dokter hewan di tambah. “Aturannya setiap 2000 hewan ternak itu dijaga oleh seorang dokter hewan. Sementata di Maros untuk populasi ternak sapi saja sekita 60 ribu lebih sapi yang tersebar di 14 Kecamatan, hanya ditangano oleh satu orang dokter,” ujar Akbar.

Pada kunjungan teraebut, Akbar meminta kepada Pemda untuk segera menambah tenaga dokter hewan dan memberikan layanan kesehatan hewan melaluo mobil keliling kesehatan hewan ternak,” ujar Akbar yang juga politikus Partai Demokrat ini.

Karena minimnya RPH dan minim tenaga dokter hewan, menurut Akbar, tak heran sudah ribuan ternak sapi yang terjangkit virus antrax. Karena itu H Pacong meminta agar Komisi III memperhatikan fasilitas RPH. Saat ini sudah ada 390 ekspor sapi dikarantina untuk kebutuhan kurban. (aci)

loading...
Click to comment
To Top