Kuatkan Otot dengan Makanan Alami – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Kesehatan

Kuatkan Otot dengan Makanan Alami

OTOT bisa dibentuk sesuai keinginan kita. Caranya beragam, termasuk dengan berolahraga. Selain itu harus didukung dengan makanan bergizi, apa saja?

Latihan fitnes selalu menjadi pilihan untuk membentuk otot. Dengan keseriusan dan komitmen kuat, secara perlahan otot menjadi terbentuk.

Namun tidak sedikit juga yang menginginkan otot terbentuk dalam waktu singkat. Sehingga tak jarang memilih mengonsumsi suplemen dan obat-obatan. Dari pada menggunakan yang mengandung bahan kimia, ada baiknya untuk mengonsumsi makanan yang alami.

Wakil Dekan II Sarjana Kesehatan Masyarakat (SKM) Universitas Muslim Indonesia (UMI), Dr Andi Nurlinda SKM MKes menuturkan bahwa di sekitar kita beberapa makanan bisa menjadi sumber protein terbaik untuk pemula fitnes. Salah satunya adalah telur.

Telur menurut perempuan yang tengah mengejar gelar profesornya ini, boleh dikata nyaris sempurna. Telur mengandung protein serta vitamin A yang tinggi. Vitamin C dan vitamin B1-nya pun cukup banyak. Hanya saja zat besinya kurang.

“Paling penting lagi, kuning telur khususnya juga memiliki transfer faktor yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan sistem imun,” terangnya, Selasa, 15 September.

Kandungan lainnya adalah fosfor dan kalium. Ini dimiliki hampir semua telur, yang beda hanyalah bergantung pada pakan ternaknya.

Selain telur juga ada susu. Susu memiliki protein dan lemak yang tinggi. Hanya saja kata Linda, sapaannya, vitamin dari susu tidak sebanyak pada telur. Bahkan beberapa dari susu vitamin dan mineralnya sintetik dan tidak alami.

” Tapi baik susu maupun telur harus diolah dulu karena banyak bakteri yang harus dimatikan dengan pengolahan tertentu,” ujarnya sembari mengatakan susu yang diambil langsung dari sapi memiliki antibody hewan yang biasa membuat mencret.

Di bagian lain, Spesialis Gizi Klinik RS Awal Bros,dr. Andi Faradillah, SpGK menuturkan pembentukan otot bisa dibantu dengan susu dan telur. Keduanya memiliki kandungan protein untuk itu.

“Kalau susu bagusnya langsung diminum dan asam aminonya langsung ke tubuh karena sekarang memang ada susu yang dijual khusus. Kalau telur butuh proses lagi,” kuncinya. (dni/yan)

loading...
Click to comment
To Top