Mantap… Rupiah Kini Tembus Rp 14.453 – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Mantap… Rupiah Kini Tembus Rp 14.453

JAKARTA – Wakil Ketua DPR, Fadli Zon prihatin dengan kembali melemahnya posisi tukar rupiah dengan dolar Amerika Serikat. Rabu (16/9) sekitar pukul 11.30 WIB, rupiah berada di angka Rp 14.453.

“Jika tembus Rp15 ribu bisa-bisa rakyat minta reformasi jilid 2,” kata Fadli, di gedung DPR, sebelum mengikuti rapat legislasi dengan pimpinan DPR lainnya.

Menurut politikus Gerindra itu, kalau itu yang terjadi maka gelombang PHK semakin sulit dibendung. Karenanya dia meminta pemerintah menangani kondisi melemahkan rupiah secara serius.

“Itu berarti perusahaan akan banyak PHK, buruh jadi berhenti. Itu harus ditangani serius. Itu (Rp14.453/dolar) sudah titik terendah dari 1998. Waktu itu huru-hara Mei itu rupiah di level Rp13 ribu loh. Itu sudah terlalu jauh, kalau tidak diantisipasi saya khawatir,” tegasnya.

DPR, lanjut Fadli, sudah memanggil Menteri Keuangan dan Gubernur BI untuk membicarakan situasi ini karena akan memiliki efek domino. Sehingga pemerintah harus segera mengambil kebijakan transformatif dan menciptakan iklim yang kondusif.

“Koordinasi yang ada belum terjadi justru berdebat di depan publik, saat sekarang dibutuhkan leadership ya, bukan lagi blusukan dan pencitraan. Bahkan Jokowi pernah bilang sambil menunjuk tangan, ekonomi Indonesia akan meroket. Sekarang sudah September, lalu kapan meroketnya?” pungkas anak buah Prabowo Subianto itu. (fat/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top