Pengamat: Debat Kandidat Idealnya dua Kali – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Pengamat: Debat Kandidat Idealnya dua Kali

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Pemerhati politik Unismuh, Arqam Azikin berharap debat kandidat pasangan calon berlangsung dua kali. Debat kandidat dua kali akan menjadi pembanding antara debat pertama dengan kedua.

“Agar ada perbandingan sesi debat pertama dengan debat kedua bagi penonton atau pemilih sebelum menentukan pilihannya pada 9 Desember nanti,” ujarnya, Rabu 16 September.

Khusus yang melaksanakan tiga kali debat kandidat,lanjutnya debat ketiga dilakukan bagi calon 02 (cawabup) agar ada keseimbangan personal akan agenda pembangunan yang telah disiapkan masing-masing pasangan calon.

Dalam PKPU Nomor 7 tentang kampanye menyebut pelakasanaan debat kandidat dilakukan maksimal tiga kali. Kendati banyak sedikitnya debat kandidat dilaksanakan dari kemampuan anggaran masing-masing daerah.

“Dilaksanakan dengan kesepakatan kandidat yang maju di daerah. Selain itu kemampuan anggaran yang disediakan masing-masing daerah. Makanya bervariasi,” kata Komisioner KPU Sulsel, Haerul Mannan tadi malam.

Dia menambahkan pelaksanaan kandidat yang dilaksanakan hanya sekali diakuinya kurang maksimal dalam memikat hati pemilih. Kendati, hal itu tergantung dari kemampuan anggaran masing-masing daerah demikian,”kita berharap pasangan calon debat kandidat itu dilaksanakan 3 kali, tapi mau diapa kalau anggaran hanya cukup diadakan sekali,” tutupnya. (mp03)

loading...
Click to comment
To Top