Polisi Sudah Tetapkan 127 Orang Tersangka Kasus Pembakaran Hutan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hukum

Polisi Sudah Tetapkan 127 Orang Tersangka Kasus Pembakaran Hutan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kepolisian telah menetapkan 127 orang tersangka dalam kasus kebakaran lahan dan hutan. Dari jumlah tersebut berasal dari beberapa daerah yang berbeda-beda.

“Jumlah itu berasal dari wilayah yang berbeda,” ungkap Kapolri Jenderal Badrodin Haiti tanpa merincinya wilayah-wilayah mana saja.

“Ada yang sengaja, tapi ada yang tidak mengakui. Bahkan itu dibilang dia enggak tahu, macam-macam. Tentu kami tetap tetapkan sebagai tersangka,” tegas Badrodin ketika dijumpai di kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Rabu (16/9).

Menurut dia, pertimbangan penetapan tersangka itu, karena ada beberapa titik api yang sama setiap tahun, sehingga dicurigai pelakunya adalah orang yang sama. Orang-orang yang berasal dari perusahaan sawit itu disalahkan karena melakukan pembiaran adanya titik api.

“Dalam ketentuan UU, mereka harus mempersiapkan perlengkapan dan personel yang bisa memadamkan api.  Memang itu harus dipenuhi kalau enggak bisa, disalahkan pembiaran. Kewajiban-kewajiban dia enggak dilaksanakan,” imbuh Badrodin.

Jumlah penetapan tersangka itu bisa terus bertambah berdasarkan hasil penyelidikan dan penyidikan yang masih dilakukan polisi setempat. (flo/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top