Puslabfor Curigai Kebakaran Pasar Kayu Muntilan Akibat Hubungan Arus Pendek – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Puslabfor Curigai Kebakaran Pasar Kayu Muntilan Akibat Hubungan Arus Pendek

MAGELANG – Puslabfor Polda Jawa Tengah mencurigai penyebab kebakaran di Pasar Kayu Mekar Tambakan, Kecamatan Muntilang, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Selasa malam (15/9) akibat hubungan arus pendek. Dari olah TKP Puslabfor yang terdiri 4 personel tersebut membawa barang bukti sebanyak satu kardus kabel instalasi listrik dan arang sisa kebakaran dari dua los yang diduga sebagai sumber kebakaran. Akiabt kebakaran kemarin puluhan los milik pedagang kayu ludes terbakar dan kerugian mencapai Rp1 miliar.

Kepala tim Puslabfor Polda Jateng Kompol Toto Tri Kusuma mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan penyebab kebakaran, meskipun barang bukti yang diambil dari sumber kebakaran berupa kabel instalasi dan arang sisa dari kebakaran. “Kita belum bisa menyimpulkan secara pasti apa penyebab kebakaran, masih akan kita selidiki lebih lanjut,“ jelasnya.
“Kita ambil barang-barang yang kita duga sebagai penyebab kebakaran dari dua los sumber api pertama, yakni berupa kabel listrik dan arang sisa dari kebakaran,“ terang Toto usai olah TKP Rabu (16/9).
Menurutnya, hasil dari penyelidikan akan disampaikan melalui Polres Magelang. Mengenai cepat atau lambatnya hasil penyelidikan pihaknya belum bisa memastikan. “Hasilnya akan kita sampaikan nanti melalui Polres Magelang. Cepat dan lambatnya hasil penyelidikan tergantung dari permintaan dari pihak Polres sini,“ tambahnya.
Sementara Kepala Pasar Kayu Mekar, Agus Salim menjelaskan, kebakaran kemarin malam terjadi sebelum magrib. Dan los yang terbakar sebanyak 31 dari keseluruhan 212 los. “Saya sampai sini api sudah membesar, dan hampir semua los sudah tutup,“ katanya.
“Untuk los yang terbakar sebanyak 31 los dari 212 los yang ada. Dari 31 los tersebut dimiliki oleh 14 orang sesuai dengan NPWP-nya, sedangkan data sementara kerugian telah mencapai Rp1 miliar,“ ungkap Agus Salim.
Agus juga menambahkan, saat ini belum ada rencana para pedagang kayu yang losnya terbakar ini akan ditempatkan. “Untuk saat ini kita belum bisa tentukan. Kita akan segera mengadakan rapat dengan para pedagang yang los dan daganganya terbakar untuk menentukan tempat sementara,“ tandasnya. (zis)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top