Rupiah Hancur Lebur, Apa yang Harus Dilakukan? – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Rupiah Hancur Lebur, Apa yang Harus Dilakukan?

JAKARTA – Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta, Sarman Simanjorang meminta pemerintah terus waspada. Sebab, nilai tukar rupiah terhadap USD semakin jeblok. Yakni, menyentuh Rp 14.400.

“Saya berharap ‎pemerintah jangan lengah karena kondisi ekonomi global yang semakin variatif,” ujar Sarman, Rabu (16/9).

Menurut Sarman, pemerintah perlu menggenjot ketersediaan bahan baku lokal yang berkualitas untuk kebutuhan industri dan usaha kecil menengah. Harapannya, ‎saat nilai tukar rupiah melemah, industri di tanah air tidak ikut terpuruk.

“‎Pemerintah juga perlu konsisten melaksanakan UU Nomor 7 tahun 2011 tentang mata uang rupiah,” ujar Sarman.

Selain itu, pemerintah juga perlu memastikan semua transaksi bisnis di Indonesia memakai rupiah. Dengan begitu, rupiah menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Selain itu, ketergantungan terhadap USD tidak lagi memengaruhi nilai rupiah.

“Kemudian kami sangat berharap pemerintah konsisten dan berkesinambungan menyadarkan dan mengajak masyarakat untuk bangga memakai produk Indonesia,” ujar Ketua Umum DPD Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) DKI Jakarta ini. (gir/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top