‎Pemda Wajo Kawal Dana Desa Mobile – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

‎Pemda Wajo Kawal Dana Desa Mobile

FAJAR,CO,ID, SENGKANG — Mengoptimalkan penyaluran dana desa, Pemerintah Kabupaten Wajo bekerjasama Bank Sulselbar meluncurkan mobil konsultasi layanan keuangan desa. Mobil konsultasi layanan keuangan desa digunakan Pemda Wajo untuk mengawal pencairan dana desa.

Layanan yang diberi nama Layanan Mobile Si Kuda ini sekaligus menjadi pendamping bagi kepala Desa. Pasalnya, Layanan Mobile Si Kuda ini juga bisa dijadikan konsultasi dan tempat belajar bagi kepala desa dalam pengelolaan keuangan dengan baik.

“Kita langsung turun ke desa memantau dan melakukan pendampingan pengelolaan keuangan desa melalui Layanan Mobile si Kuda ini. Makanya, kita tidak lagi membentuk tim pendamping dari lembaga luar dalam mengawal penyaluran dana desa tersebut,” ujar Kepala BPKBD Kab.Wajo Armayani.
Salah satu pertimbangan kenapa Pemda Wajo tak memakai pendamping, kata Armayani, karena pembentukan pendamping membutuhkan biaya operasional yang cukup besar. Sehingga pemkab memilih untuk mengoptimalkan  melalui pembentukan tim yang dikoordinir oleh Badan Pengelola Keuangan dan Barang Daerah.
Armayani mengatakan, untuk memudahkan kepala desa dan masyarakat mengakses dan membutuhkan informasi mengenai peyaluran dana desa, pihaknya membuat email. Emailnya bernama LAYANANMOBILESIKUDA@GMAIL.COM.
“Layanan Mobile Si Kuda ini telah bekerja mulai Juli lalu dan sudah melakukan pendampingan secara langsung ke desa,” kata Armayani.
Armayani menambahkan, sampai saat ini Pemda Wajo telah melakukan pencairan dana desa pada tahap pertama sebayak Rp13,33 miliar untuk 98 desa dan tahap kedua sebesar Rp491,6 juta untuk 4 desa. (wan/wik)
loading...
Click to comment
To Top