163 Koperasi di Kendal Tidak Aktif – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

163 Koperasi di Kendal Tidak Aktif

KENDAL, RAJA – Sampai saat ini jumlah koperasi di Kabupaten Kendal mengalami peningkatan yang signifikan. Tercatat ada 564 koperasi, dan yang menjadi anggota Dikopinda sebanyak 186 koperasi, sedangkan koperasi yang tidak aktif atau tidak berkembang sebanyak 163 koperasi.

Hal tersebut disampaikan Pj Bupati Kendal Drs. Kunto Nugroho Hari P, MSi saat membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Tahun Kerja 2014 dan Musyawarah Daerah (Musda) Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Kendal, Rabu (16/9) di gedung Diklat Dekopinda Kabupaten Kendal.

Kunto berharap, koperasi yang belum masuk anggota Dekopinda didorong untuk menjadi anggota. Karena Dekopinda sendiri merupakan wadah tunggal koperasi yang berfungsi untuk memperjuangkan kepentingan dan bertindak sebagai pembawa aspirasi koperasi sebagaimana yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang perkoperasian.

Kunto Nugroho menambahkan, bahwa peran koperasi sudah terbukti menjadi pilar ekonomi Negara. Keberadaan koperasi harus bisa membantu mengatasi masalah ekonomi, selain itu juga harus mampu mengatasi permasalahan sosial dalam masyarakat. “Sehingga bisa mengurangi kemiskinan dan pengangguran serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Sementara Ketua Dewan Koperasi Indonesia Wilayah Jawa Tengah, HM Warsono, SH, M.Hum berharap dari Musda ini, akan menghasilkan program-program starategis yang selaras dengan rencana strategis Dekopin dengan membangun komunikasi dengan pemerintah agar program yang direncanakan bisa sejalan.

Selain itu, imbuh Warsono, agar para pengurus serta anggota koperasi meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan harapan koperasi di Jawa Tengah khususnya di Kabupaten Kendal akan lebih maju sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (kdl)

loading...
Click to comment
To Top