Alhamdulillah.. Kementrian KP Siap Bantu 35 Ribu Petani Garam – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Alhamdulillah.. Kementrian KP Siap Bantu 35 Ribu Petani Garam

JAKARTA – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti ogah menggenjot produksi garam rakyat tanpa dibarengi peningkatan kualitas garam lokal. Susi menilai, peningkatan kualitas garam rakyat bisa memberikan kesempatan garam produksi lokal menggeser garam industri yang selama ini masih impor.

Untuk meningkatkan kualitas garam rakyat, pihaknya tengah menyiapkan pemberian bantuan geomembran kepada 35 ribu petani garam di 40 kabupaten/kota. Selain itu, pihaknya juga memperbaiki teknologi geoisolator yang selama ini dipakai.

“Kami saat ini tidak mendorong produksi (garam), kami sekarang memperbaiki kualitas dulu dengan memberikan geomembran. Sekarang ini geoisolator kami mau ganti geomembran, yang lebih tebal. Jadi lebih bagus, lebih awet, tidak akan sobek, supaya garam kualitasnya lebih baik,” ujar Susi di kantornya, Jakarta, Rabu (16/9).

Susi menilai, peningkatan kualitas adalah langkah tepat untuk menekan impor garam industri yang marak saat ini.

“Harga anjlok, produksi meningkat ya ngapain? Kasihan. Untuk produksi garam itu mereka harus panas-panasan, bekerja keras. Kalau bisa harga yang ada harus maksimum. Jadi, jangan sampai harga garam petani diurukin garam impor,” harap menteri asal Pangandaran ini. (chi/jpnn)


Click to comment
To Top