Apakah Mayat Mengenal Orang di Sekelilingnya? – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Apakah Mayat Mengenal Orang di Sekelilingnya?

SEGALA Puji hanya kepada Allah yang telah menciptakan manusia dari tanah dan meniupkan roh kepadanya. ABU Said Al-Khudri menuturkan bahwa Nabi saw, pernah bersabda:

“Sesungguhnya seorang mayat itu mengetahui orang yang memandikannya, yang membawanya, yang mengkafaninya, dan yang memasukkannya ke liang lahad.” (HR. Ahmad, Ath-Thabrani, Ibnu Abi Ad-Dunya, Al-Marwazi, dan Ibnu Mundah).

Adapun salah satu riwayat dari perkataan Mujahid bahwa, jika seseorang meninggal malaikatlah yang mencabut nyawanya. Tidak ada sesuatu pun melainkan dia melihatnya ketika dimandikan dan dibawa sampai ke kubur.” (Baca Syarh Ash-Shudur bi Syarh Hal al-Mauta wa al-Qubur, Imam Jalaluddin As-Syuthi).

Adapun Abu Nu’aym menuturkan riwayat dari Amr Ibn Dinar. Dia meriwayatkan, “Tidaklah seseorang meninggal melainkan ruhnya berada di tangan malaikat. Ruh itu melihat ke jasadnya, bagaimana dimandikan, dikafani, dan di bawa ke kubur. Selanjutnya dikatakan kepadanya, sedangkan dia berada di atas pembaringannya, ‘Dengarlah pujian manusia yang diberikan kepadamu.” (Baca Syarh Ash-Shudur bi Syarh Hal al-Mauta wa al-Qubur, Imam Jalaluddin As-Syuthi).

Tidak ada penambahan dalam pembahasan ini, sesungguhnya demikianlah hadits Rasulullah saw, dan juga perkataan ulama terdahulu tentang kondisi seseorang yang telah menjadi jasad tak bernyawa. Segala puji hanya kepada Allah.

loading...
Click to comment
To Top