Astaga, Ternyata 3 Juta Orang Mati Tiap Tahun Karena Polusi Udara – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kesehatan

Astaga, Ternyata 3 Juta Orang Mati Tiap Tahun Karena Polusi Udara

FAJAR.CO.ID – Menurut sebuah hasil data yang disampaikan belum lama ini, bahwa lebih dari 3 juta jiwa mengalami kematian dini disebabkan karena polusi udara pada tiap tahun.  Angka tersebut dipercayai akan berjumlah dua kali lipat, yakni 6 juta jiwa untuk tiap tahun pada 2050 mendatang. Umunya terjadi di Asia.

Menurut para ilmuwan, jumlah penduduk di kota-kota besar khususnya China dan India merupakan factor penyebab hal tersebut. Dan memiliki dampak yang sangat besar. Sebagaimana dilansir dailymail.co.uk.

Kematian dini karena polusi ini, disebabkan dua hal utama. Racun PM2.5s dan racun dioksida dari gas nitrogen. Keduanya diproduksi oleh mobil diesel, truk dan bus. Benda-benda ini akan berpengaruh terhadap paru-paru dan pertumbuhan. Dan bahkan berhubungan dengan beberapa penyakit seperti kanker paru-paru dan penyakit jantung.

Hasil riset yang diprakarsai oleh Profisor Jos Lelieveld, dari Institut Kimia Max Planck, dan koleganya itu menyampaikan bahwa jumlah penyumbang toksin ke udara oleh penduduk rata-rata bersumber dari alat pemanas dan alat masak. Dan ini umunya ditemukan di India dan Cina.

Sementara itu, di Amerika umunya bersumber dari lalu lintas dan listrik. Sementara di Eropa perkebunan merupakan penyambang terbesar racun PM2.5s ke udara. (imn)

loading...
Click to comment
To Top