AWAS! Banyak Kuman Berbahaya di Tempat Gym – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Interest

AWAS! Banyak Kuman Berbahaya di Tempat Gym

FAJAR.CO.ID – Gym penuh dengan kuman.Kita semua tahu itu. Bahkan, hampir mustahil untuk menghindari kontak dengan mereka karena Anda menggunakan peralatan yang sama dengan anggota gym lainnya dan berkeringat di sepanjang hari.

Satu studi menemukan bahwa 63 persen dari permukaan peralatan olahraga yang Anda sentuh mengandung bakteri rhinovirus (alias penyebab flu biasa).

Ancaman yang lebih serius adalah bakteri yang disebut Methicillin-Resistant Staphylococcus aureus (MRSA) jenis dari Staph yang resisten terhadap antibiotik yang umum digunakan.

“MRSA adalah bug super,” kata peneliti Elaine Larson, Ph.D., seperti dilansir laman Glamour, Rabu (16/9).

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, bakteri ini adalah 23.000 kematian setiap tahunnya. Dan salah satu zona panas baru untuk MRSA adalah gym.

Berikut adalah lima langkah penting yang harus Anda lakukan setiap kali Anda berada di gym:

1. Lap peralatan gym sebelum dan setelah digunakan

Jika Anda melihat tisu anti-bakteri berbasis alkohol di gym, sebaiknya Anda menggunakannya untuk mengelap permukaan peralatan gym sebelum Anda menyentuh mereka (untuk melindungi diri sendiri) dan juga setelahnya (untuk melindungi orang lain).

Tidak melihat tisu di sekitar gym? Apa pun yang Anda lakukan, jangan gunakan handuk untuk menyeka peralatan tersebut. Larson mengatakan handuk bisa dengan cepat menyebar bakteri karena kita juga menggunakannya untuk mengelap keringat kita sendiri.

2. Gunakan handuk sebagai barrier

Ada satu cara handuk bisa melindungi terhadap kuman yaitu ketika digunakan sebagai penghalang antara kulit dan permukaan peralatan gym. Waktu yang tepat untuk menggunakannya adalah sebagai alas yoga dan setelah itu Anda harus meletakkan handuk tersebut ditong sampah.

3. Jangan sentuh wajah Anda

Bahkan jika Anda telah membersihkan peralatan gym namun masih ada kesempatan beberapa bakteri akan tetap tinggal. Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk tidak menyentuh wajah Anda.

4. Cuci tangan Anda sebelum meninggalkan gym

Anda bisa menularkan sebagian besar kuman dengan tangan Anda. Itu berarti apa Anda sentuh di gym bisa dengan cepat menyebar ke sesuatu yang Anda sentuh. Selalu mencuci tangan Anda sebelum Anda meninggalkan gym. (fny/jpnn)

Click to comment
To Top