Bank Sampah Kurangi Konflik Sosial – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Bank Sampah Kurangi Konflik Sosial

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Wakil Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal MI, saat melakukan kunjungan lapangan ke bank sampah induk Makassar mengungkapkan pentingnya keberadaan bank sampah yang memberikan multi efek bukan hanya pada persaoalan kebersihan tetapi juga pada beberapa permasalahan sosial, Kamis 17 September.

Dari 165 unit bank sampah yang ada di Kota Makassar, 115 unit terhitung aktif, memberikan dampak sosial yang luar biasa di masyarakat. “Mungkin karena rescheduling kegiatan ibu-ibu, anak muda, di daerah-daerah tertentu berhasil mereduksi masalah-masalah sosial,” ujar Deng Ical.

Bahkan tahun ini, telah diminta kesediaan mahasiswa Universitas Hasanuddin untuk melakukan penelitian, terkait efek mereduksi masalah sosial dengan keberadaan bank sampah ini. “Karena di beberapa tempat yang awalnya terkenal dengan  tawuran, dan juga konflik-konflik sosial lainnya, setelah aktifnya bank sampah di beberapa titik ternyata dapat mengurangi terjadinya konflik sosial,” tambahnya.

Dikarenakan aktifnya bank sampah, banyak energi yang tersalur lebih positif, dengan mengaktifkan masyarakat, ibu-ibu, dan juga anak-anak. Dan dengan bank sampah pula, menjalin kerjasama yang produktif dengan berbagai BUMN, dan perusahaan lainnya.

“Bank sampah menjadi instrumen multi aspek, bukan hanya ekonomi dan lingkungan, tetapi juga berbagai fungsi strategis seperti fungsi sosial,” tandasnya. (lin/wik)
loading...
Click to comment
To Top