Batik Air Tawarkan Fasilitas Memuaskan dengan Harga Tiket Terjangkau – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

Batik Air Tawarkan Fasilitas Memuaskan dengan Harga Tiket Terjangkau

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Persaingan bisnis didunia penerbangan membuat banyak perusahaan maskapai penerbangan melakukan strategi dengan memperluas usahanya. Hal tersebut seperti yang dilakukan oleh maskapai Lion Air yang memiliki anak perusahaan bernama Batik Air. Karena banyaknya pesanan penumpang terhadap maskapai Lion Air, Batik Air hadir untuk memenuhinya dengan layanan penuh.

Batik Air didirikan pada Maret 2013 dan merupakan buah rencana dari Rusdi Kirana. Pesawat pertama yang digunakan Batik Air adalah Boeing 737-900ER. Penerbangan perdananya terjadi pada 3 Mei 2013 dengan rute Jakarta-Menado. Rencananya, armada ini akan diperkuat dengan pembelian pesawat Boeing 787 Dreamliner pada 2015.

Pangkalan armada Batik Air direncanakan berada di Manado. Hal tersebut menyaingi Garuda Indonesia yang merupakan satu-satunya maskapai penerbangan yang memiliki layanan penuh. Rute lain yang kemudian diadakan yaitu Jakarta ke Pekanbaru, Ambon, dan Balikpapan.

Ada banyak kelebihan yang ditawwarkan Batik Air. Pesawat berkapasitas 180 orang ini memiliki tempat duduk yang lebih luas dan memiliki keunggulan, yaitu monitor layar sentuh yang dapat mengakses banyak hiburan menarik. Pelayanan maskapai ini juga dilengkapi dengan berbagai hidangan pembangkit selera dan hiburan yang beragam. Selain itu, Batik Air kedepannya berencana melengkapi fasilitas dengan pelayanan komunikasi sehingga penumpang dapat melakukan kegiatan menelepon dan berseluncur melalui media internet. Untuk itu Batik Air menggandeng operator seluler Telkomsel sebagai salah satu operator seluler terbesar di Indonesia.

Dengan fasilitas-fasilitas tersebut, bukan berarti harga tiket menjadi mahal. Justru sebaliknya, harga yang ditawarkan oleh maskapai penerbangan Batik Air ini relatif terjangkau seperti yang tercantum di Traveloka.. Untuk penerbangannya, Batik Air menawarkan dua kelas, yaitu kelas ekonomi dan bisnis. Dalam kelas ekonomi, penumpang akan mendapatkan fasilitas kursi luas yang nyaman serta dilengkapi dengan ruang untuk kaki sepanjang 32 inci. Untuk hiburannya tersedia televisi, makanan riangan, dan hidangan gratis. Selain itu, jika Anda memilih rute tertentu, Anda bisa mendapatkan ekstra bagasi 20 kg.

Untuk kelas bisnis, Anda akan mendapatkan keunggulan fasilitas dari ruang kaki yang lebih luas, yaitu 45 inci. Selain itu, Anda akan mendapatkan pelayanan hidangan penggugah selera lengkap dengan televisi pribadi. Selain itu Anda juga mendapatkan ekstra bagasi 30 kg. Barang bawaan yang mampu diangkut ke dalam bagasi juga bisa termasuk sepeda, papan selancar, stik golf, atau peralatan menyelam dengan biaya cuma-cuma.

Untuk hiburan di dalam pesawat, Anda dapat menikmati televisi pribadi di depan Anda. Anda pun dapat menikmati film-film Hollywood, termasuk film box office. Untuk kenyamanan yang lebih, Anda dapat menggunakan headset yang disedikan di dalam pesawat. Namun, untuk itu, Anda akan dikenai biaya tambahan. Ada juga hiburan lain yang tersedia seperti majalah Cubbo untuk anak-anak.

Untuk dapat check-in di pesawat Batik Air, Anda dapat melakukannya sejak 2 jam sebelum keberangkatan. Namun, akan ditutup 45 menit sebelum keberangkatan. Anda dapat melakukan check-in di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta yang melayani semua penerbangan.

Selain itu, jika terjadi hal di luar dugaan, Anda bisa melakukan pembatalan atau penggantian jadwal. Pengembalian uang tiket dapat dilakukan dengan potongan administrasi dan membayar selisih tiket dengan tiket yang baru dibeli. Namun demikian, penggantian nama tidak diperkenankan karena pemindahan tiket tidak diperbolehkan.

Demikianlah sekilas tentang maskapai Batik Air sebagai anak perusahaan maskapai penerbangan Lion Air yang baru berdiri. Meskipun demikian, Batik Air tetap menjaga profesionalisme dalam menjamin keamanan dan keselamatan penumpang dalam pesawat. (hrm/rls)

Click to comment
To Top