Bedakan ISPA dengan Batuk Biasa – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kesehatan

Bedakan ISPA dengan Batuk Biasa

INFEKSI saluran pernapasan akut disingkat ISPA adalah infeksi di daerah sinus, tenggorokan, saluran udara serta paru-paru. Gejalanya batuk seperti saat sakit flu, lantas bagaimana membedakannya?

Di tengah musim kemarau berkepanjangan, warga rentan terkena ISPA. Sebaiknya, Anda tidak menganggap penyakit ini remeh. Sebab jika telat ditangani, justru akan berujung pada kematian.

Spesialis Paru-paru RS Wahidin Sudirohusodo (RSWS), dr Arif Santoso, SpP, PhD, FAPSR menuturkan ISPA pada dasarnya adalah diagnosa sementara. Biasanya akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk menentukan jenis kumannya.

” Pemeriksaan dilakukan melalui laboratorium. Dari situlah kemudian bisa dibedakan penyakit apa yang diderita pasien, ” terangnya, Rabu, 16 September.
Gejala ISPA layaknya penyakit flu biasa yakni batuk. Tapi dalam beberapa kondisi bisa sampai sesak.

Di bagian lain, Spesialis Paru RSWS dr Muhammad Ilyas, SpPD K-P SpP (K) FINASIM, menjelaskan bahwa bagi orang awam, membedakan batuk biasa dengan ISPA bisa dilihat dari jangka waktu seseorang tersebut batuk. Kalau lama bisa dicurigai ISPA.

“Kalau batuknya normal biasanya hanya sebentar, tetapi kalau lebih dari seminggu bisa jadi ISPA,” jelasnya.
Pada penderita ISPA kadang kala disertai sesak dengan gejala lainnya berupa demam. Karena itu ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan di fasilitas kesehatan terdekat.

Lantas bagaimana penanganan pertama bagi penderita ISPA? Kepala Seksi Kesehatan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daerah Kerja (Daker) Makkah 2014 tahun lalu ini mengatakan, cukup dengan banyak beristirahat.

“Kalau ISPA-nya karena virus sebaiknya beristirahat agar cepat pulih, tetapi kalau akibat bakteri sebaiknya konsultasi ke dokter agar diberi antibiotik. Jangan gunakan antibiotik tanpa konsultasi dokter terebih dahulu,” pungkasnya. (dni/nin)

Click to comment
To Top