DAK 60 Miliar Diketuk Sebelum Usai APBD Perubahan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

DAK 60 Miliar Diketuk Sebelum Usai APBD Perubahan

FAJAR.CO.ID, BULUKUMBA — Ketua Asosiasi Pengusaha Konstruksi Nasional Indonesia (Aspekindo) Kabupaten Bulukumba, Eful H. Saing, menyebut adanya lelang proyek fisik sebelum APBD Perubahan disahkan. Bahkan, pemenang proyek senilai Rp60 miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tersebut sudah ada.

Eful mengungkapkan, lelang proyek fisik berupa pembangunan jalan di wilayah Kecamatan Ujungloe dan Bontotiro tersebut dilelang melalui Layanan Pengadaan Secara Elektronik  (LPSE) Kabupaten Bulukumba. Salah satu item pekerjaan yakni “Pemeliharaan Berkala Jalan Laston (DAK) Paket XXXI”. Proyek ini dimenangkan oleh PT. Mitra Bahagia Utama dari delapan perusahaan konstruksi yang mengajukan penawaran.

“Masa ada proyek dilelang sebelum pembahasan APBD Perubahan rampung, inikan aneh. Sementara, 8 proyek ini sudah dikerja. Seharunya kan nanti setelah APBD Perubahan diketuk di DPRD, baru dilelang,” kata Eful kepada awak medIa, kamis 17 September.

Dia pun menyayangkan lembaga DPRD yang kecolongan, karena lemahnya fungsi pengawasan yang melekat pada lembaga wakil rakyat tersebut. “Yang kita sayangkan ini anggota dewan, masa tidak tahu ini proyek,” kesalnya.

Eful juga mempertanyakan biaya perencanaan dan pengawasan proyek yang juga tidak melalui proses tender. Padahal, berdasarkan Peraturan Presiden (Pepres) Nomor 4 Tahun 2015 tentang Pengadaan Barang dan Jasa, dimana seharusnya di atas Rp50 juta melalui tender. “Tapi kenyataannya penunjukan langsung (PL),” ungkapnya.

Kepala Dinas Bina Marga Kabupaten Bulukumba, Andi Syamsul Mulhayat, yang dikonfirmasi menampik hal tersebut. Menurutnya, proses lelang proyek tersebut telah sesuai prosedur. “Apalagi ini anggaran pusat, tidak ada hubungannya dengan pembahasan APBD perubahan di daerah,” jelasnya. (taq/wik)

 

Click to comment
To Top