Dibanding Uang 70 Juta Dolar, Menteri Susi Pilih Sejahterakan Petani Garam – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Dibanding Uang 70 Juta Dolar, Menteri Susi Pilih Sejahterakan Petani Garam

JAKARTA – Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti meminta kepada Menteri Perindustrian Saleh Husin dan Menteri Perdagangan Thomas Lembong, untuk duduk bersama membahas mengenai nasib petani lokal yang masih terpuruk.

Saat ini KKP mencatat kebutuhan garam industri nasional hanya sekitar 1,1 juta ton garam industri. Namun, Kementerian Perdagangan membuka keran impor lebih besar dari kapasitas tersebut, yakni sekitar 1,5 juta ton garam.

Kapasitas impor garam kata Susi, sudah seharusnya dikoreksi karena semakin banyak impor mengalir akan mematikan potensi garam rakyat.

“Makanya kami harus duduk bersama, Mendag, Menperin untuk menentukan bagaimana stimulus ini efektif dan tepat sasaran dan kena sasarannya,” keluh Susi di kantornya, Jakarta, Rabu (16/9).

Menteri yang populer disapa Susi ini ogah dianggap hanya memikirkan uang USD70 juta demi impor garam. Dia tak ingin jerih payah ribuan petani lokal tidak dihargai hasil produksinya karena dihancurkan oleh garam impor. Karena itu, negara harus hadir untuk memperbaiki tata niaga, dengan begitu harga petani akan sesuai seperti yang diisyaratkan pemerintah.

“Bukan persoalan, orang kemarin bilang ‘hanya gara-gara 70 juta bu MKP (Susi Pudjiastuti) mau menghancurkan industri miliaran dolar’. Itu cerita apa. Kan tidak seperti itu. Apa kita mau larang profesi petani garam? Dipindahkan suruh kerja yang lain gitu? Kan tidak mungkin,” papar Susi. (chi/jpnn)

Click to comment
To Top