Ganjar: Pejabat Mestinya Aktif di Medsos – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Ganjar: Pejabat Mestinya Aktif di Medsos

MAGELANG, RAJA – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendorong semua pejabat dan instansi di Jawa Tengah untuk membuat akun di media sosial. Akun tersebut bertujuan untuk menyerap seluruh aspirasi warga di daerah masing-masing.

“Saya sarankan semua pejabat dan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) minimal ada nomor telepon, call center, SMS, atau media sosial, seperti Twitter, Facebook, Instagram, atau apa pun,” ujar Ganjar saat memberikan pengarahan kepada pajabat-pejabat Pemerintah Kota Magelang, di Pendopo Pengabdian Walikota Magelang, Rabu (16/9).

Ganjar mengatakan, saat ini, masyarakat sudah memasuki era teknologi informasi sehingga pemerintah harus jemput bola melayani masyarakat. Dengan media sosial, kata Ganjar, masyarakat bisa melaporkan segala macam peristiwa, keluhan, saran, hingga kritik apa pun tanpa harus datang dan tatap muka dengan pejabat terkait. “Ada banyak laporan dari masyarakat yang bisa dilaporkan, jalan rusak, kebersihan fasilitas umum, komplain soal pajak, soal KTP, dan masih banyak lagi. Dengan media sosial, pemerintah bisa langsung merespons. Rasah kakean rapat (tidak perlu kebanyakan rapat),” kata politisi PDI Perjuangan ini.

Ganjar menilai, media sosial Twitter lebih efektif dan efisien untuk dimanfaatkan. Terlebih lagi, saat ini hampir semua pejabat dan PNS memiliki smartphone. Ganjar menambahkan, pemanfaatan teknologi tersebut sudah berjalan di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, termasuk dirinya, yang kerap mendapatkan laporan masyakarat melalui media sosial Twitter.

Dia kemudian mendorong hal serupa di kota dan kabupaten lainnya di seluruh Jawa Tengah, termasuk di Kota Magelang, meskipun kepala daerah akan dipimpin oleh penjabat (pj) wali kota. “Kebumen sudah melakukan itu, dan hasilnya bagus. Di Solo malah pakai di-launching. Saya minta, dalam sepekan ke depan, (akun) sudah jadi, nanti di-cc ke saya,” ucap Ganjar yang sudah memiliki lebih dari 464.000 follower di akun Twitter-nya.

Pj Wali Kota Magelang Rudy Apriyantono menyatakan siap memanfaatkan media sosial untuk membantu menjalankan roda pemerintahan dan memberikan pelayanan masyarakat Kota Magelang sampai wali kota baru dilantik.

Menurut Rudy, ia sudah melakukan hal yang sama sejak menjabat sebagai Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah. “Saya akan dorong setiap SKPD punya Twitter agar lebih responsif melayani masyakarat. Silakan masyarakat melaporkan, memberikan masukan dan kritik melalui Twitter atau situs humas. Nantinya, Twitter Pemkot (Magelang) akan terintegrasi dengan media sosial humas,” ucap Rudy. (kp)

loading...
Click to comment
To Top