GIZ Jerman Kaji Program Selaras Bantaeng – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

GIZ Jerman Kaji Program Selaras Bantaeng

FAJAR.CO.ID, BANTAENG — GIZ Jerman melakukan kajian masalah strategis tentang pengembangan program Selaras, Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu untuk masyarakat sejahtera, dengan melakukan audiensi dan kunjungan di Bantaeng. Ini dikemukakan Godril Yuwono dan Cormac Ebken saat audiensi di ruang kerja Sekda Bantaeng, Kamis 17 September.

Lanjut Godril Yuwono bahwa kunjungan ini Dalam rangka mengkaji informasi tentang pola institusionalisasi dan sinergitas pelayanan terpadu, dukungan infrastruktur, kesiapan SDM, strategi pembiayaan selaras di Bantaeng. Yang mana Bantaeng juga merupakan pilot project di Indonesia, dari 5 kabupaten diantaranya Kabupaten Sleman, Sragen, Belitung Timur, Sukabumi

Pada kesempatan itu, Sekda Bantaeng Abdul Wahab yang didampingi Syahrul Bayan selaku Kadis Sosnakertrans Bantaeng menyambut baik  kedatangan Tim GIZ Jerman dan PRSF, bahwa kehadiran Selaras Bantaeng, sudah membantu membuka pintu dan rujukan masalah dari warga terkait kebutuhan intervensi program nasional dan daerah.

“Dan mendorong tim Selaras, untuk proaktif dan berinovasi sehingga Bantaeng layak dijadikan Pilot Project Selaras,” kata Abdul Wahab.

Lanjut Kadis Sosnakertrans Bantaeng Syahrul Bayan, menuturkan bahwa dengan hadirnya UPT SPMKS Sipakatau, dapat membantu masyarakat miskin untuk dilayani terkait dengan permasalahan sosial ekonomi, pendidikan, kesehatan, anak dan keluarga.

“Ini merupakan inisiasi dari Kementerian Sosial RI dan Bappenas, dan kini Selaras telah terdapat 67 orang fasilitator Desa Kelurahan dan telah diberikan fasilitas tablet untuk melakukan verifikasi dan validasi data dan program intervensi pemerintah serta laporan keluhan masyarakat,” ungkapnya.

Widya Setyanto selaku Tim PRSF atau Selaras Nasional mengemukakan, ternyata fasilitator Selaras desa kelurahan di Bantaeng tampak antusias untuk melakukan deteksi keluhan masyarakat, dan juga saat ini aplikasi Selaras siap digunakan 67 Fasilitator di Bantaeng.

Selanjutnya juga melakukan kunjungan di Sekretariat FCU Lamalaka, UPT SPMKS Sipakatau, Baznaskab Bantaeng, Brigae Siaga Bencana dan Kantor Desa Bonto Jai serta mengunjungi Sekretariat Puskesos Desa Bonto Jai. (taq/wik)

To Top