Izin Perusahaan Sawit Pembakar Lahan Dicabut – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Izin Perusahaan Sawit Pembakar Lahan Dicabut

FAJAR.CO.ID, PALANGKARAYA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menyatakan siap mencabut izin perusahaan yang terbukti membakar hutan dan lahan di beberapa wilayah di Kalteng. Penegasan itu disampaikan Penjabat (Pj) Gubernur Kalteng, Hadi Prabowo.

“Untuk pencabutan izinnya kita menunggu proses hukum dari pihak kepolisian. Tentunya akan dilakukan lebih lanjut,” kata Hadi Prabowo kepada Kalteng Pos (Grup Fajar), Rabu (16/9). Hadi menyebutkan, pihaknya juga akan mem-blacklistperusahaan tersebut jika terbukti membakar lahan.

“Otomatis akan kita black list (daftar hitam) perusahaan yang melakukan hal tersebut dan korporasinya,” ucap dia. Di sisi lain, pihaknya menyerahkan sepenuhnya proses hukum ketiga perusahaan yang telah ditetapkan sebagai tersangka kepada Polda Kalteng.

Sebelumnya diberitakan, setelah melalui proses penyegelan dan penyidikan, Polda Kalteng akhirnya menyatakan tiga perusahaan besar sawit terlibat dalam pembakaran lahan. Tiga perusahaan itu yakni PT Makmur Bersama Asia (PT MBA) Kuala Kapuas, PT Antang Sawit Perdana (PT ASP) Pulang Pisau, dan PT Globalindo Alam Perkasa ( PT GAP) Sampit.

Polda juga sudah menetapkan direktur utama dari masing-masing tiga perusahaan tersebut sebagai tersangka. Ketiga perusahaan itu diduga dengan sengaja melakukan atau membiarkan pembakaran lahan terjadi di areanya. (ari/jpg)

loading...
Click to comment
To Top