JCH Indonesia 100 Persen di Mekah – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

JCH Indonesia 100 Persen di Mekah

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Bila sesuai agenda, hari ini Jemaah Calon Haji (JCH) asal Indonesia sudah menginjakkan kaki di Arab Saudi. Kepala Seksi Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Reza Muhammad Marzal menuturkan, Kuota jemaah haji Indonesia secara keseluruhan mencapai 168.800 orang.

Menurutnya, jumlah Jemaah tersebut dibagi dua, sebanyak 13.600 untuk haji khusus dan 155.200 orang untuk haji reguler. “Mekah, terutama Masjidilharam, akan semakin padat oleh jemaah haji dari seluruh dunia,” katanya dilansir di situr resmi Kemenag.

Untuk besok, kata dia, merupakan batas akhir masuk Tanah Suci, diperkirakan ada sekira dua hingga tiga juta jemaah haji yang berkumpul di Mekah. Sesuai sidang isbat, Arab Saudi menetapkan Idul Adha pada 24 September. Dengan demikian wukuf akan berlangsung pada 23 September.

“Jumlah total jemaah haji yang wafat di Tanah Suci sudah mencapai 83 orang. Dari jumlah itu termasuk di dalamnya 11 orang yang wafat karena insiden crane di Masjidil Haram,” imbuhnya. Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kanwil Kemenag Sulsel, Iskandar Fellang menuturkan. Untuk hari ini, kloter 26 dan 27 akan berangkat.

“Kloter 26 akan berangkat siang hari, kloter 27 malam hari. Namun, khusus 27 masih menunggu konfirmasi dari pusat, mengingat penerbangannya akan dipercepat karena bergabung dengan jemaah asal Gorontalo dan Lombok,” ujarnya. (dly/wik)

loading...
Click to comment
To Top