Menko Polhukam Tanggapi Pernyataan PM Australia: Kita Tunggu Saja, kan Baru Dilantik – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Menko Polhukam Tanggapi Pernyataan PM Australia: Kita Tunggu Saja, kan Baru Dilantik

JAKARTA- Perdana Menteri Australia yang baru, Malcom Turnbull ingin memperbaiki hubungan dengan negara-negara Asia termasuk Indonesia.

Menanggapi ini, Menteri Bidang Koordinasi Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukkam), Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, pada dasarnya Pemerintah Indonesia selama ini merasa tidak ada permusuhan dengan Australia.

“Australia di bawah kepemimpinan yang baru saya pikir kita tidak pernah punya prinsip-prinsip yang bermusuhan dengan orang lain,” katanya dalam konferensi pers di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (16/9).

Luhut menambahkan, selama ini Pemerintah Indonesia selalu memelihara hubungan yang baik dengan Australia. “Ya kalau mereka merespon tambah bagus, kita memelihara hubungan tambah baik. Saya tidak melihat ada apa namanya hubungan itu terlalu istimewa dengan sana-sini,” tandasnya.

“Kita tunggu saja karena baru dilantik, tapi saya dapat tadi malah juga bacaan bahwa yang baru ini akan lebih kooperatif dengan Indonesia. Tapi sekali lagi kita menggarisbawahi, intentionkita untuk memelihara hubungan baik dengan Australia sama sekali terjaga,” sambungnya.

Lebih lanjut, Luhut tegaskan, Indonesia selama ini menganggap Australia mitra strategis karena bertetangga. Karena itu tidak ada alasan untuk bermusuhan dengan Australia dan negara-negara tetangga lainnya.

“Dan kita terus terang sibuk mengurus ekonomi kita, mengurus pasar domestik kita, dan itu menjadi top priority daripada pemerintah saat ini, dalam keadaan ekonomi yang sedang kurang baik secara global,” pungkasnya. [sam]


loading...
Click to comment
To Top