PKK Kota Makassar Kembangkan Menu Berbasis Sumber Daya Lokal – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

PKK Kota Makassar Kembangkan Menu Berbasis Sumber Daya Lokal

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Kota Makassar yang dikenal sebagai kota maritim dengan potensi sumber daya lokal di bidang kemaritiman yang berlimpah dimanfaatkan PKK Kota Makassar untuk mengembangkan menu berbasis sumber daya lokal dalam aneka olahan ikan.

Hal itu tercermin pada Lomba Cipta Menu PKK Kota Makassar Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA) dan Lomba Masak Serba Ikan Berbasis Sumber Daya Lokal.

Sebanyak 28 peserta dari 14 Tim Penggerak (TP) PKK Tingkat Kecamatan kota Makassar menyemarakkan lomba yang merupakan program kerja dari Pokja III TP. PKK Kota Makassar Tahun 2015. Lomba berlangsung di Sentra Graha PKK, Kamis 17 September, menghadirkan juri dari Ketua TP PKK Kota Makassar, Indira Yusuf Ismail, Ketua Darma Wanita Persatuan kota Makassar, Marlina Ibrahim Saleh, Badan Ketahanan Pangan Provinsi Sulsel, Renny Fatmya Utamy, DPD Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia Sulsel, Fren Patikawa, dan ahli gizi.

Ketua Panitia, Lukman AR. Gassing yang juga Wakil Ketua Pokja III PKK kota Makassar menyampaikan ada beberapa kriteria yang menjadi penilaian pada lomba cipta menu kali ini, “Kriteria penilaian untuk lomba B2SA harus memenuhi unsur bergizi termasuk kandungan protein, vitamin, dan mineral. Beragam dalam artian menu yang disajikan bervariasi. Seimbang artinya kandungan yang ada dalam makanan harus seimbang antara karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin. Aman, bahwa makanan layak dikonsumsi, tidak mengakibatkan penyakit. Selain itu, dana yang digunakan untuk menu B2SA tidak boleh lebih dari Rp75 ribu untuk setiap menu sarapan, makan siang, dan makan malam,” urai Lukman.

Adapun Lomba Masak Ikan dinilai dari cita rasa, penampilan, dan tingkat kreatifitas dalam penyajian serta penataannya.

Ketua TP PKK kota Makassar, Indira Yusuf Ismail memuji kader-kader PKK kota Makassar yang mengikuti lomba hari itu, “Setelah saya berkeliling melihat-lihat menu yang disajikan, saya merasa bangga, kader-kader PKK kota Makassar memang oke,” imbuhnya disambut riuh tepuk tangan peserta.

Juara pada Lomba Cipta Menu akan mewakili TP PKK kota Makassar pada even lomba yang sama di tingkat provinsi yang akan digelar pada 21 September mendatang, dan tingkat nasional pada Oktober tahun ini.
“Kita berharap PKK kota Makassar bisa juara lagi dan mewakili provinsi ke tingkat pusat,” ungkap Indira optimis.

Kader PKK kota Makassar mengakui jika Lomba Cipta Menu yang digelar Pokja III sangat membantu dalam peningkatan kreatifitas kader, “Lomba ini sangat berguna dalam meningkatkan kreatifitas kader utamanya dalam mengolah menu berbasis sumber daya lokal, seperti ikan,” ujar Rahmi Abdullah, Ketua TP PKK kecamatan Ujung Pandang.

Di lomba kali ini, Rahmi bersama kadernya menyiapkan berbagai olahan ikan seperti Ikan Goreng Rica-rica, Lalap Mangga, Ikan Bumbu Acar Kuning, Ikan Kerapu Tim, Ikan Kakap Woku, dan kudapan Lemper Hitam isi Ikan Tuna yang semuanya hasil olahan sendiri.

Di sela-sela kegiatan Ketua TP PKK kota Makassar, Indira Yusuf Ismail, menyerahkan bantuan berupa Alat Tulis Kantor (ATK) kepada 14 Ketua TP PKK Tingkat Kecamatan kota Makassar. (*/wik)

To Top