Polisi Ikut Selidiki Perusahaan Malaysia dalam Kasus Pembakaran Hutan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Polisi Ikut Selidiki Perusahaan Malaysia dalam Kasus Pembakaran Hutan

JAKARTA – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengakui ada perusahaan asing yang juga diselidiki pihak kepolisian terkait kasus kebakaran hutan dan lahan. Salah satunya perusahaan Malaysia.

“Ada dari Malaysia yang sudah ketahuan. Singapura kami lagi cari. Yang di Riau ada 29 yang sedang diteliti. Ada yang bertanya masa enggak ada perusahaan Singapura, tapi kan kami enggak boleh asal bilang, Kami harus punya betul-betul berita acaranya,” ujar Siti di kompleks Istana Negara, Jakarta, Rabu (16/9).

Namun demikian, Siti tidak merinci nama perusahaan Malaysia yang dimaksud. Menurutnya, perusahaan itu baru masuk tahap penyelidikan di Polri, belum sampai ke tahap penyidikan. Siti memastikan tidak ada tebang pilih dalam pemberian sanksi dan penegakan hukum untuk perusahaan lokal dan asing.

“Kalau untuk sanksi administrasi kami bisa lakukan langsung. Enggak lama pasti. Ini langsung kok. Udah ketahuan, enggak sampai sebulan langsung diproses. Bisa dengan blacklist dan pembekuan. Kalau pembekuan dilakukan sampai perusahaannya bisa menjelaskan soal titik api itu,” tegas Siti.

Siti juga memastikan dengan adanya penegakan hukum yang maksimal pada perusahaan, bencana asap akan diminimalisir setiap tahun. Terutama karena saat ini direksi dan petinggi perusahaan juga dijerat karena terlibat dalam instruksi pembakaran lahan dan hutan. (flo/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top