Segera Cabut Izin Perusahan Pembakar Hutan..!! – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Segera Cabut Izin Perusahan Pembakar Hutan..!!

FAJAR.CO.ID, JAKARTA–Anggota DPD RI dari Sumatera Barat, Nofi Candra, mendesak pemerintah mencabut izin perusahan yang membakar hutan.

Sebab masalah asap terus saja berulang tanpa bisa diselesaikan oleh pemerintah. Masalah kebakaran hutan merupakan masalah serius jika terus dibiarkan.

Dampak negatifnya tidak hanya mendapatkan protes dari negara tetangga, namun berdampak pada kesehatan masyarakat. Selain itu, pembakaran hutan yang terus-menerus dilakukan akan menyebabkan semakin sedikitnya luas hutan di Indonesia.

Dalam jangka waktu panjang, hal ini merupakan bom waktu yang akan membahayakan generasi kita puluhan tahun yang akan datang. Hutan Indonesia merupakan jantung oksigen dunia. Jika negara tetangga sekarang protes masalah asap, harusnya mereka juga berterimakasih karena sudah menikmati kesegaran oksigen dari hutan Indonesia.

Pembakaran hutan dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang menginginkan perubahan alih fungsi hutan untuk kepentingan lain. Mereka biasanya menyuruh orang lain untuk efisiensi tindakannya. Hal ini harus ditelusuri secara detail dan mendalam oleh kepolisian.

“Saya menyambut baik usulan dari Kapolri, Badrodin Haiti yang akan mem-blacklist perusahaan dan pengendali perusahaan yang terbukti melakukan pembakaran hutan. Menurut saya, jika permasalahan pembakaran hutan ini hanya di sanksi dengan pidana, maka tidak akan menyelesaikan masalah. Buktinya, pembakaran hutan terus saja terjadi dan tidak menimbulkan efek jera bagi pelakunya. Selain itu, yang banyak terjadi jika hanya diberi sanksi pidana, pihak perusahaan bisa saja mencari karyawannya sebagai kambing hitam pelaku pembakaran.” Katanya, di Jakarta, Kamis (17/9).

“Saya merekomendasikan kepada pemerintah agar perusahaan yang terlibat dan terbukti bersalah, harus dicabut izin usahanya. Tidak hanya itu, semua yang terlibat dalam perusahaan tersebut harus dihukum pidana dan ditambah dengan sanksi tidak boleh lagi dikeluarkan izin usaha yang bersangkutan untuk ke depannya. Solusi ini menurut saya akan memunculkan efek jera bagi perusahaan-perusahaan nakal tersebut.” Katanya.

Dia menegaskan, jika hal ini dilakukan, maka perusahaan tidak bisa lagi mengkambing hitamkan masyarakat sekitar dan karyawannya. Setiap perusahaan yang bergerak di bidang itu harus senantiasa menjaga kelestarian lingkungan dan hutan di daerah sekitarnya. (fmc)

To Top