Solo Kehilangan Tempat Sekaten? – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Solo Kehilangan Tempat Sekaten?

SOLO, RAJA – Sampai saat ini pihak Keraton Kasunanan Solo masih melakukan pembahasan terkait lokasi penyelenggaraan Sekaten mendatang. Pasalnya, lokasi sekaten yang biasanya digelar di kawasan Alun-alun utara (alut) dan Pagelaran Keraton Solo sampai saat ini masih dipakai pedagang pasar Klewer. Bahkan, lokasi tersebut bakal di tempati kurang lebih dua tahun lamannya, hingga diselesaikannya bangunan pasar Klewer.

Padahal, sekaten yang digelar untuk memperingati Maulud Nabi SAW ini bakal berlangsung sekitar bulan November mendatang. Meski begitu, pihak panitia sekaten telah memetakan sejumlah tempat yang akan dijadikan sebagai lokasi tersebut.

Pengageng III Museum dan Pariwisata Keraton Kasunanan Solo, KRMH Satriyo Hadinagoro menerangkan, ada usulan jika nantinya pedagang gerabah atau bolo pecah akan di tempatkan di trotoar kanan kiri Jalan Pakubowono atau pintu masuk ke kawasan keraton.

Semua ini dilakukan masyarakat saat masuk ke kawasan keraton suasananya langsung sekaten, karena selama ini sudah tidak sesuai lagi. Untuk pedagang seperti, kinang, telur asin ataupun pecut akan di tempatkan dikawasan Masjid Agung Solo, sedangkan untuk wahana permainan bisa di Alun-alun selatan (Alkid). “Semua masih dalam pembahasan, namun sesegera mungkin akan kami tetapkan. Mengingat waktu yang sudah tak lama lagi. Terlebih sampai saat ini, sekaten masih menjadi primadona masyarakat luas,” jelasnya kepada wartawan, Rabu (16/9) siang.

Sementara itu Wakil Pengageng Sasana Wilapa, Kanjeng Pangeran (KP) Winarno Kusuma menyatakan perayaan sekaten tetap berlangsung dan sudah ada beberapa lokasi alternatif. Jika di Alut jelas tidak mungkin, karena sudah dipakai pasar sementara. “Sekaten tetap jalan seperti biasa. Lokasi alternatif sudah dipersiapkan dan itu tidak masalah, tidak juga mengurangi makna dari sekaten itu sendiri,” terang pria yang akrab disapa Kanjeng Win ini. (mj)

To Top