SSI Survei Calon Bupati Selayar, Ini Hasilnya – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

SSI Survei Calon Bupati Selayar, Ini Hasilnya

FAJAR.CO.ID, SELAYAR — Script Survey Indonesia (SSI) merilis hasil surveinya terkait popularitas dan elektabilitas calon bupati menjelang pilkada Selayar Desember 2015 mendatang. Berdasarkan survei yang dilaksanakan dari 28 Agustus -10 September 2015 tersebut menempatkan pasangan calon (paslon) Syaiful Arif-Djunaedi unggul; sebesar 35,6 persen di tingkat elektabilitas/keterpilihan disusul paslon Aji Sumarno-Abd Gani (25,7 persen), Basli Ali -Zaenuddin (18,7 persen) dan belum menentukan pilihan sebesar 20 persen. Sedangkan tingkat popularitas paslon Syaiful Arif-Djunaedi cenderung tinggi sebesar 88,8 persen disusul Aji Sumarno-Abd. Gani (78,8 persen), dan Basli Ali-Zaenuddin (72,2 persen).

Keunggulan paslon Syaiful Arif-Djunaedi saat ini disebabkan statusnya sebagai petahana. Saat ini Syaiful Arif merupakan wakil bupati. Selain itu masyarakat Selayar, baik pulau maupun daratan cukup puas dengan kepemimpinan Syahrir Wahab dan Syaiful Arif selama lima tahun terakhir. “Namun Syaiful Arif tidak boleh lengah karena tren elektabilitas Aji Sumarno dan Basli Ali cenderung naik,” ujar koordinator survei SSI, Bambang Mappatunru, Kamis 17 September.

Bambang Mappatunru mengungkapkan, ekspektasi masyarakat Selayar ke depan menginginkan pemimpin yang merakyat dan religius. Namun ketiga calon bupati masih perlu mewaspadai tingginya swing voters (pemilih mengambang) sebesar 20 persen. SSI mengharapkan surveinya bisa menjadi referensi semua pihak yang bersangkutan untuk melakukan gerakan politik yang tepat dalam meraih niat cita masing-masing kandidat. Lebih penting lagi kandidat melakukan langkah politik yang tepat tanpa menciderai esensi demokrasi.

Survei dilakukan di semua kecamatan di Kabupaten Selayar dengan mengambil responden sebanyak 410 orang. Dengan metode penelitian menggunakan multistage random sampling yang berarti pemilihan responden dilakukan secara proporsional berdasarkan jumlah penduduk di setiap kecamatan dengan margin of error 4,8 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. (rilis)

 

loading...
Click to comment
To Top