Suardi Saleh: Wakil Bupati Harus Tahu Tanggung Jawabnya – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Suardi Saleh: Wakil Bupati Harus Tahu Tanggung Jawabnya

FAJAR.CO.ID, BARRU — Perhelatan politik lokal di Barru lima tahunan sekali mesti dijadikan momentum bagi rakyat mempelajari program dan track record setiap kandidat. Jangan sampai, terbuai dengan janji-janji politik, sehingga menggadaikan masa depan daerah.

Kandidat Wakil Bupati Barru nomor urut 3 Suardi Saleh menuturkan, Pilkada Barru bukan ajang coba-coba untuk memilih pemimpin. Sebab salah menentukan pilihannya, resikonya bisa saja kemajuan yang dicapai Barru selama ini kembali tertinggal.

Birokrat yang sudah mendampingi tujuh bupati di Maros dan Pinrang selama karier PNS-nya menuturkan, baik kepala daerah maupun wakil bupati mesti punya pengalaman yang memadai. Sebab jangan sampai ada yang tidak punya pengalaman di pemerintahan, sehingga saat terpilih tidak tahu fungsi dan tanggungjawabnya.

“Ini yang mesti kita pertimbangkan semua. Tentu juga kita inginkan bersama, bahwa wakil bupati tahu apa fungsi dan tugas-tugasnya. Karena saya buka di aturan, tugas wakil bupati itu membantu bupati, dan menjalankan kebijakan. Jadi ini yang mesti ditahu juga, karena jangan sampai ada wakil mau menempatkan dirinya juga sebagai bupati, sehingga terjadilah pecah kongsi,” terang mantan kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Maros dan Pinrang, Kamis 17 September.

Oleh karena itu, lanjut Suardi, wakil bupati harus mampu memahami dan menjalankan setiap kebijakan pemerintah dibawah komando bupati. Apalagi, masyarakat sekarang sudah sangat cerdas.

“Saya berkeliling selama ini dan saya perhatikan masyarakat kita, ternyata sudah pintar. Kalau wakil bupatinya tidak tahu pemerintahan, dan tidak bisa bicara, maka bisa saja semua urusan wakil bupati diserahkan ke asisten dan kepala dinas,” paparnya.

Diketahui, dari tiga pasangan yang bertarung di Barru, hanya Suardi Saleh yang dikenal punya pengalaman pemerintahan. Sebab sejauh ini, sudah 29 tahun menjadi pamong atau PNS. Sementara kandidat wakil bupati Salahuddin Rum diketahui berlatarbelakang kontraktor. Begitu juga pasangan Andi Anwar Aksa, Adhan, lama menetap di Papua sebagai pengusaha. (*/wik)

loading...
Click to comment
To Top