Tabrak UU, Irma Suryani Minta Mutasi Karyawan PT JICT Ditunda – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Tabrak UU, Irma Suryani Minta Mutasi Karyawan PT JICT Ditunda

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Irma Suryani Chaniago beserta rombongan dari Komisi IX DPR RI melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Jakarta International Container Terminal (JICT) yang merupakan anak perusahaan dari PT Pelindo II, Rabu (16/9).

Sidak yang dilakukan setelah menindaklanjuti pengaduan dari Serikat Pekerja JICT terkait mutasi tanpa alasan yang jelas yang dilakukan manajemen JICT.

Dalam pertemuan tersebut Irma Suryani mengkritik keras manajemen JICT terkait adanya mutasi semena-mena terhadap karyawan JICT. Apalagi kuat dugaan bahwa karyawan yang dimutasi adalah karyawan yang bergabung dalam serikat yang menolak perpanjangan konsesi JICT.

“Mutasi tanpa disertai alasan itu adalah bentuk pelanggaran undang-undang. Seharusnya ditengah kemelut Pelindo ini, manajemen harus menjaga kondusifitas perusahaan dengan tidak melakukan mutasi semena-mena yang justru akan menimbulkan konflik,” tegas Irma Suryani.

Legislator asal dapil Sumatera Selatan II tersebut, mensinyalir bahwa mutasi pekerja tersebut terkait dengan skandal pelindo gate yang sedang ramai dibahas di DPR. “Mutasi karyawan tanpa alasan ini adalah pelanggaran terhadap Undang-undang No 21 Tahun 2000 dan termasuk dalam kategori union busting,” tambahnya.

Lebih lanjut, Irma meminta kepada manajemen JICT untuk tetap menjaga kondusifitas anak perusahaan Pelindo ini. Sebab tindakan pemutusan hubungan kerja (PHK) serta mutasi semena-mena hanya akan menimbulkan perlawanan dari serikat pekerja yang muaranya tentu pada terganggunya kegiatan kepelabuhanan seperti yang terjadi beberapa waktu lalu.

Dalam pertemuan tersebut, rombongan Komisi IX juga meminta penjelasan terkait mutasi yang dilakukan oleh manajemen JICT. Selain itu DPR juga meminta manajemen untuk menunda proses mutasi terhadap karyawan agar tidak menimbulkan kekisruhan. (hrm/rls)

loading...
Click to comment
To Top