Tahun Depan, Volume Solar Subsidi Ditetapkan 16 Juta KL – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ekonomi & Bisnis

Tahun Depan, Volume Solar Subsidi Ditetapkan 16 Juta KL

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Kementerian ESDM telah memutuskan volume solar subsidi tahun 2016 sebesar 16 juta kiloliter (KL). Volume solar bersubsidi ini turun 1 juta KL dibanding tahun 2015 yang sebesar 17,05 juta KL.
“Jadi kita sepakat volume solar subsidi tahun 2016 sebesar 16 juta KL,” kata Wakil Ketua Komisi VII DPR Tamsil Linrung dalam Rapat Kerja dengan Menteri ESDM, Ruang Rapat Komisi VII, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (17/9).
Pengurangan volume solar bersubsidi ini, kata Menteri ESDM, Sudirman Said, sejalan dengan kebijakan pemerintahan Jokowi-JK yang ingin mengalihkan subsidi BBM secara bertahap ke sektor-sektor produktif. “Kita memindahkan subsidi BBM ke sektor-sektor yang lebih produktif, sesuai dengan kebijakan pemerintah Jokowi,” katanya.
Skema subsidi BBM, dari saat ini terbuka menjadi tertutup, juga akan disempurnakan ulang. Karena dengan skema seperti itu, subsidi BBM bisa lebih tepat sasaran kepada masyarakat yang memang tidak mampu, penyelewengan BBM subsidi juga bisa dikurangi.
Agar konsumsi solar subsidi dapat dijaga di 16 juta KL, Sudirman menyatakan akan melakukan berbagai upaya, misalnya dengan program konversi BBM ke BBG dan mandatori biodiesel. “Ada pembangunan SPBG, biofuel bulan-bulan ini bisa mulai berjalan,” jelasnya.

Meski volume solar subsidi dipangkas 1 juta KL, tapi pemerintah tetap mempertahankan BBM solar disubsidi Rp 1.000/liter tahun depan.

Menurut Sudirman Said, Pihaknya masih mempertahankan subsidi sebesar Rp 1.000/liter karena UU Energi melarang harga energi diserahkan pada mekanisme pasar.

“Sebenarnya kami ingin menghapus saja subsidi BBM. Tapi kita mempertahankan subsidi Rp 1.000/liter karena ada UU Energi,” pungkasnya. (fmc)
loading...
Click to comment
To Top