Tiongkok Tak Peduli, Reklamasi Tetap Jalan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Internasional

Tiongkok Tak Peduli, Reklamasi Tetap Jalan

FAJAR.CO.ID, WASHINGTON – Tiongkok terus melanjutkan proyek reklamasi di kawasan perairan yang menjadi sengketa di Laut Cina Selatan, meskipun Beijing mengklaim telah menghentikan kegiatan tersebut sejak lebih sebulan lalu.

Menurut ahli Pusat Studi Internasional dan Strategis Amerika Serikat (AS), Bonnie Glaser, rekaman satelit pada awal bulan ini menemukan Tiongkok masih melanjutkan kegiatan reklamasi di Karang Subi dan Karang Mischief yang terletak dalam wilayah kepulauan Spratly.

Lebih lanjut Glaser mengatakan kapal keruk di Terumbu Subi terlihat memompa endapan ke daerah berbatasan dengan dinding laut dan memperluas saluran untuk kapal memasuki perairan dekat karang.

“Di Karang Mischief, sebuah kapal keruk terlihat memperluas satu saluran untuk memudahkan akses ke kapal, kemungkinan untuk penggunaan sebuah pangkalan angkatan laut,” katanya.

Glaser mengatakan, selain itu, Tiongkok dilihat membuat persiapan untuk membangun sebuah bandara di Subi dan Mischief, sehingga menimbulkan kekhawatiran terhadap kebebasan penerbangan dan pelayaran di kawasan tersebut.

“Kegiatan mengorek endapan seiring dengan pembangunan struktur dan proyek militer di wilayah sengketa, menunjukkan sikap Tiongkok yang tidak mau menghentikan kegiatan tersebut dan mencari solusi politik untuk mengurangi ketegangan.

“Menjelang kunjungan Presiden Tiongkok, Xi Jinping ke AS, Beijing terlihat memberi pesan kepada Presiden Barack Obama bahwa Tiongkok bersungguh-sungguh mempertahankan kepentingannya di Laut China Selatan, bahkan memicu ketegangan dengan Washington,” katanya.

Xinping dijadwalkan mengunjungi AS pada minggu depan dan kekhawatiran Washington terhadap tindakan provokatif Beijing di wilayah sengketa di Asia diharapkan menjadi agenda utama dalam pertemuan kedua Presiden itu.(reuters/ray/jpnn)

To Top