Begini Solusi Permanen Atasi Asap – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Begini Solusi Permanen Atasi Asap

JAKARTA–Pemerintah telah menemukan solusi permanen untuk mengatasi bencana asap yang terjadi di beberapa daerah. Salah satu upaya itu dengan melaksanakan penegakan hukum terhadap pelaku dan korporasi pembakar hutan.

Demikian ditegaskan Sekjen Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Bambang Hendroyono, pada diskusi bertema “Bencana Kabut Asap, Siapa yang Bertanggung Jawab” di gedung DPR, Jakarta, Jumat (18/9). Pembicara lainnya yakni Direktur Eksekutif Abetnego Tarigan, dan anggota Komisi VI DPR Syarif Abdullah Alkadrie dari Fraksi Nasdem.

Bambang mengatakan, usai melihat langsung titik api di Palembang, Presiden Jokowi memberikan arahan yang sangat tegas bahwa kebakaran hutan tak boleh terulang lagi. Ini berarti kuncinya ada di penegakan hukum. Karena itulah Kementerian KLH, kepolisian, TNI serta seluruh aparatur pemerintah daerah harus bersinergi.

“Pemerintah membuat solusi permanen, pertama penegakan hukum melalui identifikasi berapa luas lahan yang terbakar dan milik siapa. Caranya kita pakai citra satelit. Siapa pemilik lahan sangat penting. Kami sudah mengetahui kalau ada tiga titik sumber api,” papar Bambang.

Dari pantauan citra satelit, diketahui tiga titik api itu berada di areal perizinan, pelepasan kawasan hutan menjadi perkebunan dan satu lagi di luar hutan yang masuk kawasan izin perkebunan HGU.

“Tiga skup ini akan kita deteksi lewat teknologi dan regulasi. Kalau terbukti membakar hutan kita tak main-main. Selain sanksi administrasi kita siapkan pidana,” jelasnya.[wid]

loading...
Click to comment
To Top