Belum Kantongi Ijin, Pengembangan Bandara Wirasaba Tertunda – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Belum Kantongi Ijin, Pengembangan Bandara Wirasaba Tertunda

PURBALINGGA, RAJA – Rencana pembangunan bandara komersial di Kabupaten Purbalingga, hampir dipastikan tidak akan menggunakan plan B atau rencana B. Pembangunan, akan tetap dilakukan di Pangkalan Udara (Lanud) Wirasaba.

Hal tersebut, diungkapkan oleh Penjabat (Pj) Bupati Purbalingga Drs Budi Wibowo, M.Si. “Rencana B, untuk membuat bandara di luar Lanud Wirasaba dipastikan tidak akan kami lakukan. Pembangunan akan tetap dilakukan di Lanud Wirasaba,” ujarnya merujuk hasil pertemuan lima kepala daerah di sekitar Lanud Wirasaba, beberapa waktu lalu.

Sebab, menurut analisa yang dilakukan oleh TNI AU, tidak dimungkinkan membuat bandara baru yang posisinya dekat dengan Lanud Wirasaba. “Hal itu, akan berpengaruh terhadap penjadwalan penerbangan. Sehingga, tidak mungkin ada bandara yang berdiri berdampingan di satu kota,” katanya.

Namun, untuk membangun bandara komersial di Lanud Wirasaba membutuhkan banyak pembenahan. “Kami akan meminta kepada Lanud untuk menambah panjang landasan menjadi 1.800 meter. Sehingga, pesawat dengan jenis Boing bisa mendarat di Wirasaba,” imbuhnya.

Diantaranya adalah dengan merubah posisi runway atau landasan penerbangan. Terkait penambahan runway, menurutnya tak perlu melakukan pembebasan lahan. Sebab, lahan yang dimiliki Lanud Wirasaba, panjangnya sekitar 2.000 meter. “Perlu sedikit perubahan runway dengan digeser sedikit melintang dari bentuk runway yang ada saat ini,” lanjutnya.

Terkait perijinan, menurutnya saat ini tinggal restu dari Kementrian Perhubungan (Kemenhub) yang belum dikantongi. Permohonan ijin yang diserahkan beberapa waktu ditolak. Dengan alasan, lebih baik mengembangkan Bandara Tunggul Wulung di Cilacap. “Sebenarnya itu bukan alasan. Oleh karena itu, kami meminta kepada Gubernur Jawa Tengah (Ganjar Pranowo) untuk melobi Kemenhub. Saya baru saja menghadap beliau,” ujarnya.

Dia juga mengungkapkan, daerah yang mendukung berdirinya bandara komersial di Purbalingga, juga bertambah. “Tegal dan Pemalang sudah menyatakan persetujuannya,” imbuhnya. (rb)

loading...
Click to comment
To Top