Raja Arab Saudi Siap Santuni Rp 3,8 Miliar untuk Korban Crane – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Raja Arab Saudi Siap Santuni Rp 3,8 Miliar untuk Korban Crane

JAKARTA–Pemerintah Kerajaan Arab Saudi telah meminta data korban akibat tertimpa crane di Masjidil Haram, Jumat malam pekan lalu.

Menurut Menteri Agama Indonesia Lukman Hakim Saifudin besaran santunan sebesar SR 1.000 atau setara Rp 3,8 miliar dari Kerajaan Arab Saudi siap dicairkan.

“Terkait adanya informasi yang kami dapatkan dari Diwan Malaki, terkonfirmasi bahwa Raja Salman sebagai Khadimul Haramain memang telah memerintahkan agar para keluarga korban jiwa maupun luka itu mendapatkan santunan,” katanya.

Lukman mengaku setelah mendapat kepastian, mereka langsung menginventarisir nama korban, baik korban jiwa maupun luka, dan segera melaporkannya kepada Pemerintah Saudi Arabia.

“Kami juga telah mengirimkan nota diplomatik melalui Kemenlu dan berharap dalam waktu yang tidak terlalu lama santunan tersebut bisa direalisasikan,” ungkapnya.

Data yang berhasil dihimpun Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1436H/2015M sampai dengan  hari ini, jemaah haji Indonesia yang menjadi korban berjumlah 53 orang. Rinciannya,  11 meninggal, 42 luka-luka.

Dari 42 korban luka, 19 orang masih dirawat di Rumah Sakit Saudi Arabia, sedang 23 lainnya sudah kembali ke pemondokan masing-masing.

“Mudah-mudahan dalam waktu dua atau tiga hari ke depan akan semakin jelas setelah kita mengajukan nama-nama baik korban jiwa maupun luka yang sanak familinya berhak mendapatkan santunan,” imbuh mantan wakil ketua MPR itu.

Lukman menerangkan santunan yang akan diberikan kepada keluarga atau ahli waris  korban yang meninggal sebesar 1 juta Saudi Riyal. Jumlah  yang sama akan diberikan juga kepada korban yang mengalami  luka yang menyebabkan cacat fisik atau luka berat.

“Untuk korban lainnya, sebesar 500 ribu riyal,” tandas dia.(hyt/jpg)

loading...
Click to comment
To Top