Ultah di Rutan KPK, Sahabat Ilham Antrean Membesuk – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Ultah di Rutan KPK, Sahabat Ilham Antrean Membesuk

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Haru biru mewarnai Rumah Tahanan (Rutan) Polisi Militer Guntur Jakarta, Kamis 17 September, kemarin. Seratusan keluarga dan kerabat mantan Walikota Makassar Ilham Arief Sirajuddin antre untuk menjenguk sosok yang bersahaja ini. Ada yang datang sebelum jam buka rutan hingga siang hari. Sebagian dari mereka juga terpaksa harus pulang dengan muka berkaca-kaca karena jam besuk sudah selesai.

“Saya telat karena harus nunggu di Kantor KPK untuk minta registrasi izin jenguk. Malah, saya belum mendapat izin tapi tetap ke rutan ini,” ujar Rere, salah seorang sutradara film Indie yang datang telat di Rutan Guntur kemarin.

Di antara yang datang sebagian pejabat di Pemkot Makassar dan anggota DPRD Makassar dan Sulsel, seperti Sekretaris Kota Makassar, Ibrahim Saleh, Sittiara dan beberapa dari SKPD lainnya. Sedangkan dari DPRD Makassar di antaranya Rahman Pina, Iqbal Djalil (PKS). Ada juga dari DPRD Sulsel seperti Yagkin Padjalangi, Hoist Bachtiar, Andi Rachmatika Dewi, dan Selle Ks Dalle.

Mereka ini diberi kesempatan menjenguk Ilham secara berkelompok selama dua menit. Setiap kelompok hanya bisa masuk lima orang ke dalam pintu rutan untuk bersalaman dengan Ilham didampingi Ny Aliyah Mustika Ilham. Hingga memasuki pukul 12.00, sebagian dari mereka yang sudah punya izin untuk menjenguk tak bisa masuk karena waktu jenguk sudah berakhir. Beruntung, petugas rutan memberi waktu kepada semua kerabat yang hadir untuk masuk bersalaman dengan tertib.

Saat pintu rutan dibuka, secara bersamaan para penjenguk langsung menyanyikan lagu Happy Birthday, sebagian juga ada yang histeris tak bisa menahan tangis haru mereka. Memang, sehari sebelumnya 16 September Ilham berulang tahun ke 50. Namun, karena hari besuk hanya setiap Senin dan Kamis, maka para kerabat datang Kamis kemarin sekaligus mengucapkan selamat dan doa agar tetap dipanjangkan usianya. Ada pengunjung yang secara khusus membawa kue ulang tahun ke Ilham sekaligus meniup lilin secara bersamaan.

Bahkan seorang dari penjenguk Ilham adalah penjual jalangkote yang sehari-hari mangkal di Karebosi datang khusus ke Rutan Guntur. Dia mengaku datang setelah sekian bulan mengumpulkan uang dari hasil jualannya untuk membeli tiket ke Jakarta.

“Terima kasih untuk semuanya. Mohon doakan kami agar tetap sehat dan panjang umur,” ucap Ilham dengan mata berkaca-kaca. (Laporan Silahuddin Genda, Pimred Upeks)

loading...
Click to comment
To Top