Ingin Make Up tapi Wajah Berjerawat, Ini Tipsnya – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Interest

Ingin Make Up tapi Wajah Berjerawat, Ini Tipsnya

FAJAR.CO ID – Jerawat merupakan hal yang ‘gawat’ bagi sebagian besar wanita. Problem yang menghantui banyak wanita ini membuat kita tak leluasa dalam menggunakan makeup. Ingin pakai makeup namun harus tebal-tebal agar jerawat tak kelihatan. Namun takut juga deh kalau nanti semakin berjerawat.

Cobain beberapa tips ini agar kulit berjerawat Anda tetap nyaman meski harus menggunakan makeup. Bahkan, bisa sembuh dari jerawat dan mulus kembali.

1. Selalu bersihkan wajah dengan pembersih wajah yang mengandung ketimun atau jeruk nipis
Tujuannya hanya satu, kedua bahan tersebut merupakan pembersih wajah berformula ringan dan tepat untuk merawat kulit berminyak atau berjerawat Anda. Kandungannya mampu menyerap kelebihan minyak dan lemak di wajah yang menyebabkan jerawat. Gunakan pembersih dua langkah dan utamakan dari bahan yang sesuai untuk daerah Anda.

Bila Anda menggunakan sabun cuci muka, tanyakan pada dokter Anda apakah sabun tersebut bisa digunakan setiap hari atau hanya beberapa hari sekali. Hal ini penting karena cuci muka juga bisa menjadi faktor penyebab munculnya jerawat.

2. Jangan salah pilih pelembab
Pelembab terbaik untuk kulit Anda adalah jenis water based, di mana formula ringannya akan diserap kulit dan melembabkan dengan sempurna. Kandungan air dalam pelembab tidak akan memunculkan masalah pada kulit Anda. Pilih juga yang oil free dan non perfumed agar tak membuat masalah baru pada kulit Anda.

3. BB Cream
Saat ini ada sebuah teknologi dalam dunia kecantikan bernama BB Cream. Krim dengan fungsi ganda ini bisa Anda gunakan sebagai base makeup yang mampu menutupi jerawat maupun bekasnya. Ada BB Cream yang bagus bisa membantu Anda mengatasi masalah kulit seperti jerawat. Namun fungsi dasar BB Cream bukan untuk obat jerawat ya, Ladies.

4. Poles bedak tabur, no compact powder!
Hindari penggunaan compact powder, sekalipun Anda diiming-iming bahwa ada kandungan anti acne di dalamnya. Mengapa? karena compact powder melekat begitu erat pada kulit, sedangkan jenis kulit berminyak dan berjerawat pada umumnya memiliki pori-pori yang besar dan terbuka.

Nah, taburan bedak akan masuk ke dalam pori-pori dan menumpuk bersama kotoran-kotoran lain. Parahnya jika Anda tidak rajin membersihkan wajah, maka kotoran dan bedak tersebut akan berubah menjadi jerawat. Oleh karena itu lebih aman dengan bedak tabur, sekali tabur jerawat tak mau tinggal.

5. Pore Cleanser
Jerawat bisa jadi terbentuk dari kotoran yang terjebak di dalam pori-pori. Coba deh untuk rutin membersihkan pori 2-3 kali seminggu. Lakukan juga peeling untuk mengangkat sel kulit mati. Dengan melakukan hal ini, Anda bisa meminimalisir pertambahan jerawat. Pilih pore cleanser yang membantu Anda membersihkan dan mengecilkan pori-pori.

Sumber : infokesehatan com

loading...
Click to comment
To Top