Ini Keutamaan Komunitas Moge ERC – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Ini Keutamaan Komunitas Moge ERC

SEBUAH komunitas tentunya terbentuk berdasarkan kesamaan. Begitu juga dengan komunitas motor besar atau moge seperti Eagle Rider Community yang didirikan sejak tahun 2007 di Cikarang. Kesamaan yang utama dari para anggota komunitas ini adalah kecintaan akan hoby mengendari motor besar diatas 400 cc tanpa mengenal batasan merk. Selain itu juga rasa kekeluargaan yang erat diantara sesama anggota dan keluarganya.

“ERC adalah sebuah komunitas dari  para penggemar moge diatas 400 cc tanpa mengenal batasan merk. Ini tempat kami menyalurkan hobby sekaligus menjalin persahabatan dan kekeluargaan bukan hanya antara para anggota, juga keluarga anggota,” ujar Andy Gunawan atau yang biasa disapa Andy Gun disela-sela acara family gathering ERC di Sangkan Hurip,Kuningan, Jawa Barat, Sabtu (19/9).

ERC yang kini bermarkas di Kota Harapan Indah, Bekasi memiliki anggota dengan latar belakang yang sangat beragam, mulai dari pegawai swasta, pengawai negeri sipil, polisi, tentara,pengusaha, dokter, pengacara ,ustadz dan lain sebagainya.

“Justru karena banyak perbedaan latar belakang anggota ini, ERC jadi menarik.Banyak cerita diantara kawan-kawan yang membuat suasana di ERC benar-benar seperti sebuah keluarga besar. Yang menyatukan itu Cuma kecintaan dan hobby dengan motor besar saja. Kini ada sekitar 90 an orang anggota aktif dari hampir 200 an orang anggota secara keseluruhan,” tambah Andy.

Sudah  banyak kegiatan yang dilakukan  oleh komunitas ini seperti donor darah, santunan ke asrama yatim, santunan ke fakir miskin, buka puasa bersama dan berbagai kegiatan sosial lainnya, selain tentunya  agenda-agenda atau event penyelenggaran motor besar di berbagai daerah.

“Tentunya kita juga kerap kumpul-kumpul atau touring ke berbagai kota di  Indonesia. Selain  itu yang utama yah acara yang kami selenggarakan seperti hari ini. Family  Gathering, dimana para anggota mengajak istri dan anak-anak untuk ikut serta dalam kegiatan kami. Dengan demikian keluarga dari anggota kami juga bisa saling mengenal satu sama lainnya,” tambah Andy lagi.

Sementara itu Anggota ERC, Abu Albani mengakui bahwa rasa kekeluargaan di ERC sangat erat.” Tidak ada yang merasa diatas atau dibawah di komunitas ini.Intinya tidak ada yang sombong karena merasa lebih kaya dari yang  lainnya. Semua anggota punya hak dan kewajiban yang sama. Makanya komunitas ini semakin hari semakin banyak anggotanya. Setiap anggota baru selalu langsung merasa tune in dengan ERC,”ujar Abu lagi.

Pria yang dikenal sebagai ahli pengobatan secara islam seperti Ruqyah dan Bekan dan juga ilmu kesehatan Cina seperti , akupuntur ini pun merasa kerasan bersama dengan komunitas ERC.Bahkan disela-sela berbagai kegiatan sosial maupun touring, Abu juga kerap mempraktekkan ilmunya baik dengan masyarakat maupun kepada sesama anggota ERC lainnya.

“Di ERC karena kekeluargaannya erat, meski dengan berbagai latar belakang, jadi seru. Masing-masing anggota kalau punya keahlian ataupun lainnya, saling membantu sesama.Karena saya punya latar belakang ilmu kesehatan Islami dan Cina, kadang tidak jarang saya praktekkan kepada sesama anggota juga. Anggota lain yang punya latar belakang berbeda juga melakukan hal yang sama,” ujar Pria yang juga memiliki pasien dengan berbagai latar belakang mulai dari gelandangan sampai pada pejabat tinggi negara ini lagi.

Lain lagi dengan Arfan, salah satu anggota aktif ERC. Menurut Arfan, banyak stereotype dari anak motor yang negatif yang selama ini melekat di masyarakat. Anak motor kerap diidentifikasi dengna kenakalan. Tapi di ERC ini setiap anggota wajib menjaga perilaku baik di jalan ataupun dimanapun. Dengan demikian kalau ada acara touring, keluarga tidak merasa khawatir.

“Karena disini selain anggota juga akrba, juga keluarga dari anggota saling kenal. Jadi keluarga tidak terlalu merasa was-was atau khawatir dengan berbagai identifikasi negatif terhadap anak motor. Anggota wajib menjaga sikap baik di jalan atau diluar jalan selama kita melakukan kegiatan bersama,” tandasnya.

Nama ERC diambil dari filosofi burung elang yang mampu melesat tinggi dan memiliki visi jauh ke depan, serta mampu mengembangkan sayap sampai ke luar negeri. Seperti yang dilakukan oleh  beberapa punggawa ERC seperti Andy Gun, Yanuar dan lain-lain. Bendera ERC juga sudah banyak berkibar di beberap negara, bahkan sampai ke pegunungan Alpen dengan mengendarai motor besar.

Kini ERC memiliki tiga chapter yaitu Chapter Bekasi Harapan Indah, Chapter Cikarang dan Chapter Jakarta Timur Bagi Anda yang punya motor besar merek atau jenis apapun diatas 400cc silahkan bergabung dengan kami Eagle Riders Community yang bermarkas di POSH Blok D3, Harapan Indah, Jalan Harapan Indah Raya, Bekasi Kota. (fmc)

Click to comment
To Top