Pentingnya Moratorium Kunjungan DPR ke Luar Negeri – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Pentingnya Moratorium Kunjungan DPR ke Luar Negeri

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – DPR didesak dapat melakukan moratorium atau penghentian sementara agenda kunjungan kerja ke luar negeri, selama proses penyidikan dugaan pelanggaran kode etik pimpinan DPR Setya Novanto dan Fadli Zon yang menghadiri kampanye bakal capres Amerika Serikat Donald Trump selesai ditangani.

Pengamat politik Ray Rangkuti mengatakan, moratorium perlu dilakukan agar penyelesaian kasus tersebut bisa lebih fokus, khususnya dalam penyalahggunaan anggaran.

“DPR harus lakukan moratorium kunker ke luar negeri karena perkara Setnov Cs kan bukan hanya dugaan pelanggaran kode etik. Tetapi sudah diduga adanya penyalahgunaan penggunaan anggaran saat kunker pimpinan dewan itu saat berada di Amerika Serikat,” katanya saat dihubungi wartawan, Jumat malam (18/9).

Menurut Ray, kunker yang dilakukan DPR ke luar negeri kerap memakan biaya besar. Pembelian tiket pesawat, serta akomodasi harian yang meliputi hotel, makan serta uang saku harian tidak tepat dilakukan saat perekonomian rakyat sedang kritis.

“Kunker itu sangat menyakiti hati rakyat. Lebih baik DPR fokus saja bekerja di dalam negeri untuk menyelesaikan berbagai persoalan bangsa yang saat ini semakin sulit dan terpuruk,” jelasnya.

Ray jang juga direktur Lingkar Madani Indonesia (Lima) menambahkan, kunjungan kerja ke luar negeri sering disalahgunakan untuk berwisata bersama keluarga. Karena juga sudah menjadi salah satu gaya hidup bila menjadi anggota DPR. Selain itu, sebagai lembaga perwakilan seyogyanya aktivitas kunjungan ke luar negeri tidak dilakukan karena tidak relevan dengan kepentingan publik.(wah/rmol)

Click to comment
To Top