Polisi Jadi Korban Pencurian Rp 430 Juta – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hukum

Polisi Jadi Korban Pencurian Rp 430 Juta

FAJAR.CO.ID, BANJARMASIN – Aksi para pencuri makin nekat saja. Bukan cuma masyarakat biasa yang jadi sasaran mereka, polisi pun menjadi korban keganasan tindak kriminal mereka. Kejadian pencurian yang membuat polisi menjadi korban ini terjadi di Jalan Kuripan, kota banjarmasin, Jumat (18/9) siang.

Aksi ini membuat uang kas Polresta Banjarmasin, jumlahnya mencapai Rp 430 juta raib. Uang itu baru saja diambil di Bank Mandiri Jalan Lambung Mangkurat oleh pegawai bagian keuangan Polresta, Rahman dan Herman

Kejadian berawal dari mobil Honda Brio yang dibawa pegawai sipil dan honorer Polresta Banjarmasin yang mampir membeli peralatan kantor Jalan kuripan tersebut. Saat itu, keduanya baru mengambil uang dari salah saut Bank yang tak jauh dari temapt tersebut.

Pelaku yang diduga telah membuntuti dari Bank, kemudian membobol kunci pintu mobil yang saat itu parkir di depan Toko Jaya Mas Stasioner. Saat itu Herman turun dari mobil untuk belanja, sedangkan Rahman menunggu di dalam mobil.

Karena ada barang  yang kurang,  kemudian Rahman turun dari mobil untuk memberitahu kepada Herman agar membeli kertas.  Sementara uang ratusan juta ditinggalkan di bawah dashboard tepat di bawah stir mobil.

Andri (35), salah satu warga sekitar mengatakan, polisi telah membawa penjaga parkir Supian untuk dimintai keterangan. Menurut Andri, pelaku sudah membuntuti korban dari jauh. Pelaku juga cukup lihai karena dalam sekejap tanpa diketahui penjaga parkir bisa membobol pintu mobil.

Sebenarnya, aksi pelaku sempat terekam 2 CCTV di toko tersebut yang menghadap ke depan, tapi yang terekam hanya kaki pelaku saja. Sementara CCTV milik toko di seberang juga merekam pelaku saat beraksi, namun saat diperbesar hasilnya buram.

“Kata penjual empek-empek di samping toko itu ada 4 orang yang singgah. Mereka menggunakan 2 buah sepeda motor,” ujar Andri kepada Radar Banjarmasin (Grup JPNN). Ditambahkan Andri, kondisi mobil mengalami kerusakan di bagian kunci pintu. Pelaku sepertinya memang ahli karena tak diketahui kerusakan kuncinya.

“Lewat pintu kanan depan pelaku mengambilnya. Tapi saya heran saat kejadian ke mana si penjaga parkirnya jadi tak mengetahui aksi itu,” ujarnya.

Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Wahyono, ketika dikonfrimasi membenarkan pencurian tersebut. Namun, Kapolresta menyatakan uang yang hilang tersebut bukan milik kas Polresta Banjarmasin, melainkan milik pribadi PNS Polresta tersebut. “Uang pribadi yang hilang,”balas Kapolresta via SMS. (lan/dkk/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top