Rumah Sakit Kerjai Pasien – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Rumah Sakit Kerjai Pasien

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) banyak masalah. Salah satunya mengerjai pasien terkait biaya kamar perawatan.

Sebagian besar rumah sakit di Kota Makassar tidak maksimal dalam menerapkan pasal 22 Permenkes 71/2013 tentang pelayanan kesehatan pada JKN. Modusnya adalah kamar penuh. Tim FAJAR mencoba menelusuri beberapa rumah sakit di Makassar. Fakta di lapangan, banyak masyarakat yang tidak mendapat haknya.

Padahal, aturan yang tertuang dalam pasal 22 permenkes 71/ 2013 pasien dapat dirawat di kelas satu tingkat di atasnya. (lihat grafis) Contohnya, pasien dengan kepesertaan kelas I BPJS Kesehatan dapat dirawat di kamar perawatan VIP selama tiga hari tanpa dipungut biaya. Gratis. Tidak heran, kondisi itu menyebabkan ruangan Unit Gawat Darurat (UGD) ramai.

Banyak pasien menunggu kamar sesuai tanggungan kepesertaan BPJS Kesehatan. Seperti yang terjadi di RS Bhayangkara. Salah seorang pegawai dengan tubuh jangkung di rumah sakit itu memastikan itu.

Pasien kata dia, rela berdesakan di UGD ketimbang membayar selisih yang dihitung sesuai diagnosis penyakit. Di rumah sakit Labuang Baji juga demikian. Salah seorang petugas loket pendaftaran ruang UGD malah dengan nada suara enteng menyebut itu hal wajar. “Begituji memang. Kalau tidak mau menunggu, ya silakan ambil yang umum supaya langsung dikasi kamar,” katanya.(dni-ksa/ian-amr)

Untuk selengkapnya, baca koran cetak Harian Fajar dan Epaper edisi 20 September 2015

loading...
Click to comment
To Top