Astaga! Sudah 1700 Orang Terserang ISPA di Kalbar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Astaga! Sudah 1700 Orang Terserang ISPA di Kalbar

PONTIANAK– Penderita Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) di Kalimantan Barat terus meningkat. Celakanya, penderita paling banyak adalah anak-anak di Kalbar.

“Meningkatnya penderita ISPA ini diakibatkan kabut asap yang menyelimuti beberapa daerah di Kalbar,” kata dr Andy Jap, Kepala Dinas Kesehatan Kalbar, Sabtu (19/9).

Dia menambahkan, jumlah kasus ISPA yang di-update per minggu di Kota Pontianak jumlahnya meningkat tajam. Data itu diupdate terhitung sejak Agustus hingga September.

“Dari Agustus minggu pertama ada 400 kasus. Kemudian minggu kedua 700 penderita. Minggu ketiga 900 penderita dan minggu keempat mencapai 1.000 lebih penderita,” ungkap Andy Jap.

Sementara kondisi September, pada awal bulan sempat turun menjadi 700 lebih penderita. Namun September minggu kedua meningkat menjadi 1.700 penderita ISPA.

Menyikapi kasus ISPA yang meningkat ini, Dinas Kesehatan Kalbar telah menginstruksikan jajarannya melalui Kepala Dinas Kesehatan kabupaten/kota untuk menyiagakan Pukesmas hingga Polindes serta Puskesdes. (rk)

loading...
Click to comment
To Top