Plt Gubernur Sumut “Iri” dengan Orang Sulsel – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

Plt Gubernur Sumut “Iri” dengan Orang Sulsel

FAJAR.CO.ID, MEDAN – Wakil Ketua Umum DPP Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) H Andi Jamarro Dulung mengatakan warga Sulsel di Sumatera Utara tidak bisa lagi menyebut dirinya orang Sulsel tetapi orang Medan, orang Siborong-borong, Orang Siantar, dan lain lain sesuai di mana mereka berada.

Hal ini disebabkan keberadaan orang Sulsel yang terdiri Bugis, Makasar, Mandar dan Toraja berada di Sumut sudah puluhan hingga ratusan tahun. Apalagi dalam tradisi orang Bugis tidak ada dikenal mudik atau pulang kampung.

“Kalau berangkat akarnya terangkat. Dan yang tidak boleh berubah sukunya,” ujarnya saat memberi kata sambutan  pada acara Tudang Sipulung (duduk bersama) Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan BPW Sumatera Utara di Grand Ball Room Restoran Nelayan Medan, Sabtu (19/9).

Ketua BPW KKSS Sumut H Ng Daeng Malewa mengungkapkan saat ini terdapat sekitar 10 ribu etnis Sulsel di Sumut dan telah terikat lahir dan batin hingga turun temurun dengan daerah tersebut.

“Jumlah 10 ribu ini berdasarkan data Pilpres  lalu. Kami bercita-cita kelak etnis Sulsel memiliki koperasi, sebidang tanah produktif selain asrama untuk mahasiswa etnis Sulsel,” ungkapnya.

Plt Gubernur Sumut, Tengku Erry Nuradi yang diangkat menjadi warga kehormatan Sulsel dalam sambutannya menyampaikan ia sedikit “iri” dengan Sulsel karena banyak tokoh nasional seperti Wapres Jusuf Kalla dari Bone maupun mantan Presiden BJ Habibie dari Pare-pare. “Oleh sebab itu banggalah menjadi warga Sulsel,” katanya yang disambut tepuk tangan undangan.

Sebelumnya saat membuka acara, Ketua Panitia Andi MH Assidick yang juga Ketua BPD KKSS Kota Medan mengatakan acara Tudang Sipulung bertujuan untuk menjalin silaturahim di antara warga Sulsel di Sumut. Puncak acara diisi diskusi tentang ‘Pentingnya Etika Membangun Ekonomi Kerakyatan yang Berkelanjutan’.

Dalam acara yang dihadiri sekitar 400 undangan tersebut hadir Plt. Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi, Anggota Komisi Yudisial RI Prof Dr Ibrahim, SH, MH, LLM, Kakanwil BRI Sumatera Utara mewakili Dirut BRI Drs. H Asmawi Syam yang berhalangan hadir, Kakanwil BRI Aceh Fankar Usman dan Wakil Sekjen KKSS Nur Amin. Andi Jamarro Dulung juga menyampaikan bahwa BPP KKSS kini telah membentuk yayasan serta holding company dan koperasi yang diharapkan bermanfaat bagi seluruh warga Sulawesi Selatan di perantauan.

Click to comment
To Top