Tampil Perdana, Sulsel Raih Gelar Penyaji Musik Terbaik – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hiburan

Tampil Perdana, Sulsel Raih Gelar Penyaji Musik Terbaik

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Peserta Parade Musik Daerah Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Ke-4 asal Sulawesi Selatan (Sulsel) langsung menyabet gelar Penyaji Musik Terbaik. Padahal, Sulsel baru pertama kali diundang tampil dalam ajang tersebut dengan membawakan lagu Tumbu’ Pa’rimpungan dan langsung mengalahkan provinsi-provinsi lainnya di gedung Sasono Langeng Budoyo TMII, Sabtu (19/9).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulsel Drs. Jufri Rahman, M.Si melalui Kepala Seksi Pembinaan Kesenian Tradisional Kebudayaan dan Kepariwisataan Dra. Herawati menjelaskan Tumbu’ Pa’rimpungan adalah salah satu lagu daerah yang isinya adalah suatu ungkapan hati melalui komposisi musik yang mengandung makna Sipakatau yang artinya saling menghargai harkat dan martabat yang dimiliki.

“Dalam lagu ini, musik disusun dari unsur-unsur bunyi dan membentuk keberadaannya yang memiliki jiwa, jantung, pikiran dan kerangka dalam bentuk ritme, harmoni dan melodi hingga menghasilkan musik yang indah,” jelas Herawati.

Lebih lanjut, dalam garapan komposisi musik karawitan gaya Makassar ini juga diungkapkan makna kejujuran, santun dalam bertutur dan sopan dalam bertingkah laku melalui sebuah karya musik dengan sentuhan melodis lemah lembut, keras lunak irama tabuhan yang menjelma menjadi serangkaian keseimbangan untuk menciptakan keharmonisan yang melukiskan karakter dari masyarakat Bugis Makassar dengan prinsip A’Bulo Sibatang, bersatunya kata dan perbuatan.

[NEXT-FAJAR]

Herawati yang juga sebagai penanggung jawab kontingen Sulsel ini mengaku bangga dengan hasil yang dicapai. Setidaknya target yang dicapai menjadi Penyaji Musik Terbaik. “Kami sangat bangga karena bisa menjadi bagian dari parade musik daerah ini. Persiapan yang dilakukan selama satu bulan pun tidak sia-sia karena berhasil membawa harum nama Sulsel,” tambahnya.

Peserta Parade Musik Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ke-4 asal Sulsel saat gladi bersih di Anjungan Sulsel TMII, Sabtu (19/9). Foto: Hariman

Pantauan, para peserta asal Sulsel memang tampil luar biasa. Decak kagum para penonton langsung terlihat ketika dua orang pemuda menggendong satu orang pemuda sambil memainkan bola takraw. Lantunan suara merdu oleh penyanyi wanita tak kalah membuat para penonton memberikan aplaus yang meriah.

Untuk diketahui, Parade Musik Daerah ke-4 kali ini diikuiti oleh 17 provinsi di Indonesia. Namun, hanya satu peserta dari Provinsi Bali yang tidak hadir. Jumlah ini meningkat dibanding tahun sebelumnya yang hanya menampilka kurang dari 10 provinsi. (hrm)

Pemusik yang tampil dalam ajang Parade Musik Daerah TMII ke-4:

  1. Hasbar Saputra
  2. Hamdaniel Saputra
  3. Nura Ade Putra
  4. Nurindah Mustang
  5. Hariadi
  6. Haeruddin
  7. Abadi Akbar
  8. Muh. Anwar
  9. Supriadi
  10. Hardiansyah Bahar
loading...
Click to comment
To Top