11 Grup Ramaikan Festival Pertunjukan Rakyat Salatiga – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

11 Grup Ramaikan Festival Pertunjukan Rakyat Salatiga

SALATIGA – Sebanyak 11 group kesenian rakyat yang terdiri dari seni keprajuritan, kuda lumping, jaran kepang serta angguk, mengikuti Festival Pertunjukan Rakyat di Lapangan Kecamatan Sidomukti Salatiga, Jawa Tengah, Sabtu (19/9). Festival ini bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Komunikasi Budaya dan Pariwisata (Dishubkombudpar) Kota Salatiga. Festival kesenian rakyat ini yang selama satu dekadu bari digelar tahun 2015 ini. Demikian dikatakan Ketua Umum Dewan Kesenian Salatiga (DKS) Djisnozero45 kepada Rakyat Jateng, Senin (21/9).

“Festival kesenian rakyat tahun 2015 ini, meski hanya diikuti 11 group kesenian namun sambutan masyarakat sangat positif. Group yang mengikuti festival ini baru separonya dari jumlah group yang terdaftar di Salatiga. Harapan kami, tahun mendatang semua group kesenian rakyat yang ada di Salatiga dapat mengikuti festival,” jelas Djisno.
Adapun para pemenang dalam festival adalah Juara I group ‘Kridho Budoyo’ (Warak, Sidomukti ), Juara II gruop ‘Kridho Turonggo Sari’ (Purwosari, Argomulyo), Juara III gruop ‘Tri Mudho Budoyo’ (Kentheng, Argomulyo). Adapun pemenang harapan pertama hingga ketiga masing-masing gruop ‘Kridho Buwono’ (Bugel, Sidorejo), gruop ‘Lestari Budi Tamtama’ (Tegalrejo, Argomulyo) dan gruop ‘Kridho Utomo’ (Gamol, Sidomukti). Masing-masing pemenang mendapatkan trophy, piagam serta uang pembinaan.
“Juri dalam festival tersebut, Drs Wido Murwadi MPd (Sanggar Seni Sakuntala), Pinarno SPd (Pengurus DKS) serta Arif Pramono SS (kelompok Karawitan ‘Kluthik Laras’). Harapan kami, festival seperti ini akan diagendakan secara rutin dalam setiap tahunnya,” tandas Djisno.
Walikota Salatiga Yuliyanto SE MM mengatakan, pihaknya menyambut baik dan mendorong agar festival kesenian rakyat seperti ini dapat diagendakan secara rutin tahunan. Hal ini, dengan tujuan sebagai langkah pelestarian kesenian tradisionil.
“Festival kesenian seni rakyat seperti ini, sangat perlu diagendakan setiap tahunnya. Hal ini, sebagai salah satu media atau sarana untuk berekspresi akan seni rakyat yang ada di Kota Salatiga,” tandas Yuliyanto. (hes)

loading...
Click to comment
To Top