Disnakan dan Polres Pantau Pasar Hewan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Disnakan dan Polres Pantau Pasar Hewan

TEMANGGUNG – Semakin mendekatinya perayaan Idul Adha atau Idul Kurban, membuat Dinas Perternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Temanggung bekerja sama dengan jajaran Polres Temanggung semakin intensif melakukan peninjauan ke sejumlah pasar hewan di Kabupaten Temanggung. Hal ini dilakukan untuk memantau kelaikan hewan kurban khususnya sapi dan kambing.

Dalam peninjaun tersebut sejumlah petugas memeriksa kesehatan dan kelayakan ternak sebagai hewan kurban dengan melihat gigi ternak yang dipasarkan berupa kambing/domba dan sapi.
Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Temanggung, Slamet Saryono, di sela-sela pemeriksaan hewan kurban mengatakan bahwa pemeriksaan kesehatan ini untuk membantu masyarakat mendapatkan ternak kurban yang sehat.
“Kita pantau secara dekat, tujuannya agar masyarakat khususnya warga muslim yang akan berkurban bisa mendapat hewan yang layak baik dari segi persyaratan hewan kurban maupun dari segi kesehatan,” katanya.
Ia menambahkan, dari pantuan di berbagai pasar hewan yang ada di Kabupaten Temanggung, secara umum ternak yang diperdagangkan di pasar hewan ini rata-rata memenuhi syarat kesehatan.
“Hewan yang kecil atau kurang bobot pasti tidak akan laku. Kami sudah melakukan sosialisasi secara langsung kepada masyarakat atau membagikan brosur kepada calon pembeli tentang ciri-ciri ternak yang sehat,” katanya.
Ia menuturkan dalam pemeriksaan ternak kurban tersebut pihaknya melibatkan lima dokter hewan dan 15 manteri kesehatan.
Sementara itu Kasubag Humas Polres Temanggung, AKP Henny Widayanti mengatakan, pihaknya memang sengaja ikut terjun dalam pemantauan ke sejumlah pasar hewan tujuan untuk mengingatkan kepada para penjual dan pembeli agar selalu berhati-hati dalam bertransaksi, agar tidak muncul tindak kejahatan.
“Di musim seperti ini aktivitas jual beli hewan kurban kan sangat tinggi, dan kebanyakan para pembeli dan penjual memakai uang cash, jadi kami ingatkan agar selalu berhati-hati bila membawa uang dalam jumlah banyak,” terangnya. (din)

loading...
Click to comment
To Top