Indosat-YKPI Kampanye Lawan Kanker Payudara – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kesehatan

Indosat-YKPI Kampanye Lawan Kanker Payudara

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kanker payudara yang dikenal sebagai silent killer menghantui bukan hanya wanita, juga pria. Melawan pembunuh nomor dua perempuan setelah kanker rahim ini, Indosat menggandeng Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) menggelar kampanye berkelanjutan. Salah satunya, menerbitkan kartu perdana edisi khusus bertajuk Breast Cancer Awareness.

Kartu perdana ini istimewa. Selain desain yang bernuansa pink, juga disertai apps Pita Pink. Aplikasi ini akan mengajarkan penggunanya memahami kanker payudara dengan mendalam. Teknik periksa payudara sendiri (sadari) sampai segala informasi seputar kanker payudara bisa diakses di Pita Pink.

Kerja sama Indosat-YKPI lewat kartu perdana ini masih permulaan. Presdir Indosat, Alexander Rusli, memastikan kiprah Indosat ikut memerangi kanker payudara di Indonesia akan  berlanjt pada kegiatan YKPI lainnya seperti fun run pada Oktober mendatang.

“Indosar sepenuhnya menyadari bahwa melawan kanker bukan urusan pemerintah saja. Ini urusan kita semua. Juga menjadi tanggung jawab Indosat,” tegas Alexander, di Gedung Indosat Jakarta, Senin 21 September 2015.

Melawan kanker payudara bukan perkara mudah. Kendalanya, menurut Ketua YKPI Linda Agun Gumelar, di antaranya masih rendahnya kesadara. masyarakat untuk ikut mendeteksi dini, serta rendahnya fasilitas medis untuk mendeteksi kanker di daerah. “Pemahaman penting bahwa deteksi dini membuka kesempatan sembuh hingga 98 persen itu tidak banyak diketahui masyarakat. Jadinya, masyarakat banyak yang datang setelah stadium lanjut. Kondisi seperti ini yang membuat kanker menjadi demikian menakutkan,” beber perempuan yang juga pernah berkutat melawan kanker ini.

Upaya melawan kanker payudara dengan baik juga terkendala persoalan data yang minim. YKPI hingga kini belum mengantongi data konkret jumlah penderita atau grafik penyebaran kanker payudara. “Data selalu menjadi masalah di Indonesia. Termasuk pendataan kanker payudara. Pemerintah memang belum punya data pastinya, padahal sangat penting untuk merumuskan langkah preventif,” tegas Linda. (hrm)

loading...
Click to comment
To Top