Perokok Sulsel Makin Banyak – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Perokok Sulsel Makin Banyak

FAJAR.co.id, MAKASSAR — Ekonomi lesu tak membuat warga Sulsel meninggalkan rokok. Justru sebaliknya, perokok diindikasi makin meningkat secara signifikan.

Kondisi ini terbukti dari rencana Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Sulsel yang bakal merevisi target pajak rokok. Pajak rokok Sulsel sampai akhir tahun akan direvisi naik sekira Rp100 miliar. Sebelumnya, target pajak rokok hanya Rp350 miliar.

Kepala Dispenda Sulsel, Tautoto Tanaranggina mengatakan, kendati pajak rokok pemungutannya dibawah kewenangan pusat, tetapi pajak tersebut saat ini sudah tergolong pajak daerah.

Berdasarkan data Dispenda, dari total target pokok pajak rokok Rp350 miliar, sampai Agustus lalu sudah terealisasi sebesar Rp250 miliar.

“Angkanya sudah mendekati target. Makanya ada rencana dalam perubahan akan dinaikkan menjadi Rp450 miliar,” ungkap Tautoto, kemarin.

Ia menjelaskan, mekanisme pemungutan pajak rokok dilakukan langsung kepada pabrik rokok, bukan dari para perokok. Jumlah pajak rokok yang dipungut, berdasarkan harga produk masing-masing yang dijual di pasar. (iad)

To Top