Calon Protes DPS Amburadul – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Calon Protes DPS Amburadul

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Daftar Pemilih Sementara (DPS) di sejumlah daerah masih amburadul. Masyarakat yang memiliki hak pilih masih berpeluang mengecek nama maupun memeriksa keganjilan sampai 25 September.

DPS sudah diumumkan ke publik melalui Panitia Pemungutan Suara (PPS) sejak 10-19 September. Dari pengumuman tersebut, ditemukan banyak keganjilan. Mulai pemilih ganda, pemilih tidak diketahui keberadaannya, perubahan status, hingga usia yang tidak wajar.

Banyaknya masalah pada DPS membuat calon bupati dan wakil bupati di Barru mempersoalkannya. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Barru bahkan mencoret 27.079 pemilih dengan alasan telah meninggal, ganda, berubah status, dan tidak diketahui keberadaannya.

Tim advokasi calon bupati Barru, Anwar Aksa, Sulfakar meminta KPU meneliti sebaik-baiknya data pemilih sebelum ditetapkan sebagai DPT. Sebelumnya berdasarkan data dalam model A-KWK, data pemilih di Barru mencapai 151.474 orang.

Setelah melalui proses verifikasi jumlahnya menjadi 124.395 orang. Sulfakar menilai 27 ribu nama yang dicoret KPU terlalu besar, sehingga harus dilakukan verifikasi secara tepat. Banyak dijumpai warga yang sebenarnya masih ada, tetapi dinyatakan sudah tidak jelas keberadannya.

“Harusnya dilakukan verfikasi di lapangan secara cermat. Kami menjumpai beberapa warga di lapangan, namanya tidak ada dalam DPS, tapi orangnya masih ada,” bebernya. (rus-asr-nur-iksan/rif-ars)

Untuk selengkapnya, baca Harian Fajar dan Epaper edisi 22 September 2015

Click to comment
To Top